Kapsul Waktu Sony Volume 19

0
29

.Di Hari Anak tanggal 5 Mei 1959, Sony mengadakan Pameran Elektronik dan Ilmu Pengetahuan untuk Anak-anak. Secara kebetulan pameran ini diadakan berbarengan dengan peluncuran program Sony yang mendukung pendidikan. Sejak program ini dimulai 50 tahun lalu, masih berlangsung hingga hari ini sebagai tanda bakti Sony kepada masyarakat Jepang.

Pameran tersebut diadakan di sebuah departement store terkemuka berusia lebih dari 300 tahun di Mitsukoshi. Tempat ini banyak digunakan untuk pameran setiap tahunnya, dan tahun itu Sony membuat jejak sejarah dengan pameran tersebut. Mitsukoshi terletak di area Nihonbashi, Tokyo. Sony membuat pameran tersebut selama enam hari sembari merayakan perjalanan perusahaan yang sudah berlangsung selama 13 tahun. Masyarakat yang hadir mencapai 200 ribu orang. Di sponsori oleh koran Asahi Shimbun dengan judul Pameran Elektronik dan Ilmu Pengetahun untuk Anak-anak, tujuan diadakannya acara ini ada dua; pertama untuk meningkatkan pengetahuan akan ilmu kepada generasi muda yang akan menjadi Jepang masa depan dan kedua untuk memperkenalkan industri modern kepada kaum muda.

Mengutip dari Sony.net, pendiri Sony, Masaru Ibuka menyatakan, salah satu tujuan perusahaan adalah mempromosikan pendidikan dan ilmu pengetahuan kepada kalangan umum. Berdasarkan visinya tersebut, maka didirikanlah Sony Fund for the Promotion of Science Education di Jepang tahun 1959. Sejak berdiri pertama kali, program ini terus berjalan hingga hari ini.

Di pameran tersebut, Anda bisa melihat teknologi yang sedang menjadi tren saat itu, seperti video tape recorder pertama Jepang dan proses pembuatan radio transistor. Ghiboo yakin Ibuka teringat masa mudanya ketika melihat antusiasme kaum muda terhadap teknologi.

(Sony.net)

SHARE