Trick or Trip: Just Before You Go…

0
22

.1. Mengetahui (dan menyadari) apa sebenarnya wisata petualangan itu.
Pada dasarnya sebuah adventure travel adalah sebuah aktifitas eksplorasi ke tempat-tempat yang terhitung eksotis dan masih terpelosok, bersama beberapa orang yang tentu saja dengan minat dan hasrat yang sama. Tempat tujuan yang biasanya menjadi tujuan utama adalah daerah-daerah pedalaman dengan pemandangan menakjubkan, kehidupan alam liar yang masih lestari, dan tentu saja adat istidat penduduk lokal yang masih dijunjung tinggi. Traveling jenis ini biasanya dilakukan dengan banyak berjalan kaki, maupun dengan bantuan alat transportasi yang tahan segala medan dan cuaca. Tentu saja aktifitas ini membutuhkan kesiapan mental dan daya tahan fisik yang prima, jadi secara otomatis badan kita akan banyak berkeringat, berdebu, kecapekan, dan tentu saja tak bisa menikmati lezatnya masakan rumah favorit kita. Dengan mengetahui dan menyadari gambaran umum tentang aktifitas yang satu ini, secara tidak langsung tubuh dan pikiran kita akan membentuk sebuah kesiapan sebelum nantinya terjun langsung ke medan petualangan.

2. Jangan keburu panik ketika mendengar kata “camping”.
Akomodasi dalam sebuah rangkaian wisata petualangan sangat bervariasi bentuknya, tergantung dari dana, lokasi, dan tentunya tantangan yang kita pilih. Anda bisa memilih untuk tinggal di sebuah pondok kecil yang nyaman, penginapan yang mewah, atau berkemah bersama-sama. Kalau anda sebelumnya belum pernah tidur di alam terbuka, atau mungkin pengalaman kemah anda kurang menyenangkan, sadarilah bahwa dalam wisata petualangan seperti ini semua sarana dan prasarananya tentu saja telah dipersiapkan dengan matang. Dalam berbagai paket safari di Afrika, lazimnya setiap tenda perkemahan telah dilengkapi dengan kasur dan bahkan fasilitas air panas untuk mandi. Sedangkan di daerah-daerah pegunungan terjal seperti kawasan Machu Picchu, banyak porter dan hewan yang menyediakan jasanya sebagai kurir angkut yang tentu saja meringankan beban  anda.

3. Tentukan Lokasi Tujuan Anda.
Banyaknya pilihan lokasi dan tantangan yang bisa kita jadikan tempat tujuan seringkali justru membuat kita jadi kebingungan. Semua tempat mendadak jadi menarik, menantang, eksotis, dan layak dikunjungi. Namun ingat, anda harus membuat prioritas. Langkah awal yang bisa anda lakukan adalah dengan mengerucutkan lokasi berdasarkan wilayah yang ingin dikunjungi. Kalau anda termasuk pemain baru dalam hal wisata jelajah alam, hindarilah lokasi-lokasi berat, apalagi medan konflik. Ada baiknya anda memilih daerah tujuan yang memiliki banyak daya tarik dan tentu saja sudah terkenal kepopulerannya, seperti wisata safari di Afrika, menjelajah gunung Himalaya, atau mengunjungi hutan hujan di daerah Amazon.

4. Perbanyak informasi dan referensi.
Selain mencari informasi tentang daerah tujuan wisata, ada baiknya anda juga bertanya pada orang yang pernah ke sana. Hal ini akan sangat membantu, terutama untuk menemukan informasi-informasi kecil yang mungkin justru nantinya menjadi sebuah hal yang prinsipil. Kalau anda menggunakan jasa tour and travel, ada baiknya anda mengkonfirmasi tentang fasilitas serta apa-apa saja yang akan anda terima dan yang harus anda siapkan sebelumnya.

5. Dokumen.
Selain masalah visa, ketika anda melakukan perjalanan keluar negeri, bisa dibilang passport anda adalah nyawa kedua anda. Maka pastikan bahwa paspor anda valid sampai setidaknya 6 bulan setelah waktu kedatangan dan pastikan untuk menyimpannya di tempat yang aman. Jangan lupa juga untuk membuat salinan dokumen-dokumen penting seperti visa, paspor, tiket, kartu kredit, cek perjalanan, resep obat, dan tanda pengenal, dan pisahkan dengan dokumen aslinya.

6. Kesehatan.
Yang paling penting ketika akan melakukan sebuah petualangan adalah kesiapan dan daya tahan tubuh anda. Tak akan ada gunanya obsesi menggebu-gebu untuk menaklukkan puncak Everest kalau fisik anda tidak mendukung. Oleh karena itu, persiapkan stamina tubuh anda dengan banyak berolah raga, mengkonsumsi menu makanan yang sehat, dan kalau perlu anda juga bisa menambahnya dengan suplemen kesehatan. Ada baiknya juga anda memastikan apakah tiket atau asuransi anda memberikan jaminan kesehatan dan keselamatan di tempat tujuan.

7. Apa dan bagaimana mengemasnya?
Wisata petualangan bukanlah jenis wisata yang glamour dan membutuhkan acara dandan-dandan. Meskipun demikian, di beberapa tempat di sudut dunia masih mengutamakan kesopanan, terutama berkaitan dengan pakaian wanita. Oleh karena itu ada baiknya anda membawa jenis-jenis pakaian yang santai namun tetap sopan. Daripada membawa koper, anda lebih disarankan untuk membawa sebuah ransel yang kuat untuk segala kemungkinan. Isi ransel anda dengan barang-barang seperlunya seperti lampu senter, korek api, pisau lipat, kamera, toiletries, tempat minum, kantong tidur, serta beberapa plastik zip-lock untuk berjaga-jaga.

Kalau persiapan sudah matang, semoga petualangan anda juga jadi menyenangkan. Selamat berpetualang…

(berbagai sumber)

SHARE