Bersantai di Rumah Pantai

0
27

.Menghindari ‘amarah’ gunung berapi, seperti peristiwa gunung Merapi meletus, maka Anda berpikiran pindah rumah ke daerah pantai? Bisa saja. Bertempat tinggal di daerah sekitar pinggir pantai, mungkin gambaran rumah ideal bagi suami bagaikan sebuah kotak minimalis dengan perabotan rumah tangga yang modern dan rapi. Hal ini dilengkapi dengan lantai kayu yang dipoles mengkilat dengan sempurna. Sedang idaman Anda adalah sebuah rumah yang nyaman dengan perabotan yang lembut dan alas berupa karpet empuk.

Permasalahan mulai muncul. Bagaimana mengatasi perbedaan impian di atas? Anda berdua harus berkompromi dan mendapatkan suatu kesepakatan bersama mengenai bentuk rumah ideal bagi Anda berdua. Tentu saja, rumah impian keluarga Anda akan menjadi perwujudan dari dua desain berbeda yang dikombinasikan menjadi satu.

Meski gaya yang diinginkan berbeda, namun Anda berdua sama-sama mengetahui pokok utama yang harus dicapai, memaksimalkan setiap jengkal area yang tersedia untuk menciptakan sebuah rumah yang nyaman dan ‘sempurna’.

Pada proses penyempurnaan (baca: finishing), ingatkan diri Anda dan pasangan untuk tetap ‘menghidupkan’ suasana rumah pantai ke dalam bengunan tersebut. Gunakan kaca buram yang menyerupai kaca laut. Kaca ini akan lebih baik lagi, bila ditemani dengan warna cat krem menyelimuti dinding. Bagaimana dengan tiang penyangga? Gunakan bahan kayu, seperti kayu Brazil.

Untuk interior bagian luar rumah, lekatkan gaya klasik yang bersih dan halus. Semua kenyamanan ini dapat dirasakan dari pengaruh penggunaan bahan baku kayu dan bahan-bahan alami lainnya.

Meja makan dapat dibentuk dari kayu merah Oak murni. Buatlah meja berukuran besar, sehingga mampu menampung seluruh piring makan keluarga besar Anda saat berlibur ke pantai terdekat. Berikan sebuah area mandi dan membasuh diri, yang dilengkapi dengan sebuah pancuran (baca: shower) di halaman depan atau belakang rumah.

Buatkan sebuah pancuran bergaya Tyvek. Selesai bermain dan berkotor-kotor di pantai, Anda sekeluarga dapat membersihkan diri, atau bahkan mandi, di luar menggunakan pancuran tersebut. Rumah pun terhindar dari becek dan pasir yang berjatuhan dari tubuh Anda.

Bila bisa memiliki rumah peristirahatan pibadi di sekitar pantai, mengapa harus menyewanya?

(Berbagai sumber)

SHARE