Rahasia Umur Panjang, Kembar Tertua di Dunia

0
28

.Ghiboo.com – 100 tahun umur mereka mulai dari 4 Januari 1910, seperti dilansir dari BBC News hari ini (4/11), berikut cerita selengkapnya.

Tinggal di Powys dekat Brecon, Inggris. Ena Pugh dan Lily Milward merebut gelar tersebut dari kembar perempuan Perancis, Raymonde dan Lucienne Wattelade, yang kini berusia 98 tahun. Gelar tersebut diberikan oleh Guinness World Records setelah mencek sertifikat kelahiran mereka.

Si kembar yang masih suka berbelanja setiap minggu dan saling menelepon hampir setiap malam, usianya akan menginjak 100 tahun 10 bulan hari ini. Ena lahir pertama, lalu disusul Lily beberapa menit sesudahnya di pertanian keluarga desa Garthbrengy.

Menurut anak dari Lily, Dianne Powell, 64 tahun, mereka (Lily dan Ena) )selalu bersama dan sampai sekarang juga begitu. Setiap hari Jumat mereka naik bis bersama untuk berbelanja dan dilanjutkan berbincang sambil meminum teh. Hampir setiap malam mereka saling bertelepon, walaupun pendengarannya sudah tidak baik, tapi mereka menikmatinya.

Orang tua mereka Charles dan Laura Thomas memiliki 10 anak, termasuk pria kembar, tapi Ena dan Lily yang masih tersisa. Ena menikahi Ivor, pegawai kereta api, yang meninggal 20 tahun lalu. Dengannya ia memiliki 3 anak, 10 cucu dan 3 cicit. Sedangkan Lily menikahi Evan, seorang pedagang kayu. Sejak kematian suaminya ia telah menjadi janda selama 20 tahun. Lily memiliki 2 anak, 5 cucu dan 9 cicit.

Si kembar ini masih hidup mandiri, selain sedikit bersih-bersih, mereka masih melakukan hal lainnya sendiri, seperti mengumpulkan kayu untuk perapian. Cucu mereka Jayne Nascimento, 39 tahun, menceritakan: “Kami bangga mereka resmi menjadi kembar tertua di dunia. Nenek kami adalah orang yang menyenangkan dan ini sangat menakjubkan, bukan karena usianya, tetapi karena mereka hidup mandiri dirumahnya masing-masing. Nenek kami tinggal di ladang kecil pedesaan selama lebih dari 60 tahun dan masih memelihara ayam. Mereka menyukai tinggal di ladang kecil dan mungkin hal itulah yang membuat mereka tetap sehat dan ramah.

Lily mengatakan rahasia umur panjang mereka adalah “tertawa dan bercanda bersama.”


SHARE