Apakah Anda Sudah Bernapas Dengan Benar?

0
63

.Sebelumnya mari kenali dulu gaya bernapas Anda. Perhatikan cara Anda bernapas selama beberapa detik. Apakah Anda bernapas menggunakan dada atau perut? Apakah Anda menghirup udara dengan banyak atau seperlunya saja? Apakah Anda bernapas ke bagian depan tubuh Anda, sisi atau ke bagian belakang? Apakah sebelum napas berikutnya paru-paru Anda benar-benar kosong? Apakah Anda menahan napas saat stres?

Lalu, apa perlunya bernapas dengan benar? Saat Anda mulai bernapas dengan benar, saat itulah Anda mendukung fungsi tubuh Anda untuk merawat dirinya sendiri atau istilah lainnya self healing.

Bernapas dengan benar memerlukan latihan. Kebiasaan ini bisa muncul bila rajin berlatih setiap hari tanpa peduli seberapa sibuknya Anda. Maka secara bertahap cara bernapas Anda akan meningkat. Mulailah dengan menyisihkan waktu beberapa menit setiap hari untuk mengambil napas dalam-dalam. (Jika masih belum terbiasa, Anda mungkin akan sedikit pusing. Duduklah jika perlu).

Tidak usah terburu-buru, menghiruplah secara perlahan rasakan seolah-olah Anda mengisi perut dan punggung Anda. Lalu hembuskan secara perlahan. Ulangi sesering mungkin, terutama pada saat stres.

Melakukan ini setiap hari akan memberikan perbedaan besar terhadap cara Anda bernapas. Gabungkan pernapasan dan olahraga dan Anda akan merasa bersemangat dan santai. Dengan mendukung tubuh Anda, maka fungsi tubuh akan termaksimalkan.

Hirup perlahan dan hembuskan perlahan, sudah agak segarkah Anda?

(Berbagai sumber)

SHARE