Sony Disco Jogger = Sony Walkman

0
57

.31 tahun yang lalu, salah satu produk favorit Sony sepanjang masa dijual untuk umum. Saat generasi pertama Walkman dijual, banyak perbedaan pendapat dalam menentukan nama yang tepat untuk produk tersebut. Sony Jepang menyebutnya dengan Walkman, sebuah nama yang asing dan gabungan bahasa Jepang san bahasa Inggris. Sementara Sony Amerika mengusulkan nama Sony Disco Jogger karena era itu zamannnya disko dan jogging.

Chairman Sony kala itu, Akio Morita mengakui memang di tahun 1980-an, kaum muda suka berdisko dan jogging, tapi harga yang tidak murah ($199) membuatnya berpikir bahwa yang sanggup membeli walkman adalah orang tua dari kaum muda tersebut. Morita tidak menyetujui proposal nama Sony Disco Jogger karena khawatir pembeli potensial, para orang tua tidak mau membeli walkman.

Sony Amerika memutuskan menggunakan nama Soundabout, sebuah kata yang berhubungan dengan ekspresi walk about. Akhirnya nama yang digunakan berbeda antara satu negara dengan yang lainnya sedangkan Jepang tetap menggunakan nama Walkman. Mengutip dari situs Sony, dikatakan bahwa turis asing dari luar Jepang banyak membeli walkman karena saat itu status walkman benar-benar populer. Hal ini berefek kepada nama Walkman diseluruh dunia, banyak orang yang menyebut walkman ketika mendatangi toko-toko elektronik.

Berkat fenomena tersebut, dalam rapat penjualan bulan April 1980 di Amerika, Morita memutuskan mulai saat itu Sony menggunakan kata walkman untuk seluruh dunia. Kata Walkman akhirnya masuk ke dalam kamus bahasa Inggris Oxford (kiblat dari bahasa Inggris) tahun 1986 dan kamus bahasa Jepang Kojien tahun 1991.

Penjualan walkman sejak tahun 1979 hingga 2009 telah mencapai 385 juta unit. Sony yakin kesuksesan penjualan walkman tidak hanya bagus dan menariknya produk tersebut tapi juga karena orang-orang terbiasa dengan kata walkman tersebut.

(Berbagai sumber)

SHARE