Blekko, The Google Killer

0
49

.Satu lagi sebuah mesin pencari setelah Google dan Bing, namanya Blekko. Mesin pencari ini mengandalkan rekomendasi dari pengguna lainnya dan dijuluki sebagai Pembunuh Google. Blekko menyaring kualitas yang buruk dan tidak berhubungan dari sebuah situs. Menurut penciptanya, karena fitur inilah yang membuat Blekko mendominasi situs pencari lain.

Cara bekerjanya dengan menggunakan orang untuk memilih topik inti yang paling berguna pada suatu situs web dan membatasinya. Cara ini disebut content farm, sebuah situs yang mempunyai informasi sangat sedikit secara otomatis tidak akan terpilih, termasuk juga pornografi dan spam.

Blekko menggunakan ‘slashtags‘ untuk memilah pencarian dan membuat daftar sumber yang terpercaya.
Menurut pendirinya Rich Skrenta, tujuannya adalah membersihkan spam dari pencarian web. Jika Anda mencari dengan menggunakan kata “global warming” maka akan muncul hasil seperti biasa. Namun, bila Anda gunakan “global warming / green, maka akan tampak situs web tentang lingkungan atau berita tentang lingkungan. Begitu juga dengan pencarian “Paris Hilton/ noporn“, maka link yang muncul tidak akan muncul berbagai situs yang berhubungan dengan ahli waris Hilton tersebut.

Slashtags dapat dikombinasikan dengan lebih akurat, seperti mencari “global warming / date / technology“, maka halaman yang akan tampil adalah tentang global warming dan perusahaan teknologi dijajarkan berdasarkan tanggal.

Sudah tersedia 8000 slashtags, Anda bisa membuat sendiri untuk membantu pencarian orang lain. Intinya, Blekko mirip dengan Wikipedia, pengguna akan menambah dan merubah hasil pencarian, menyingkirkan pilihan yang tidak berhubungan dan menyisakan situs yang berhubungan saja.

Bahkan, pengguna bisa melamar menjadi editor sambil berbagi komentar dant timbal balik mereka. Pengguna Google dapat melihat update Twitter dan Facebook-nya secara real time (langsung) dari mesin pencari.

DailyMail menyebutkan, tidak bisa dipungkiri Google masih memimpin mesin pencari selain Blekko dan Bing dari Microsoft. Memang banyak mesin pencari yang bermunculan lalu hilang, seperti Wikia (2008) sekarang sudah tidak ada lagi. Jika dinilai dari jumlah situs yang terakses oleh Blekko, Google jauh memimpin didepan sebanyak satu milyar. Blekko masih tiga juta saja.

(Berbagai sumber)

SHARE