Bookcraft Go Green 2010

0
41

.Membuat kerajinan tangan memang mengasyikkan, tapi jika bahan yang digunakan untuk membuat kerajinan tersebut tidak ramah lingkungan, seperti plastik, kaca, kaleng, dan masih banyak lagi, tentu akan sangat merugikan bumi. Bumi sakit, manusia pun menderita.

Untuk itu, Forum Indonesia Membaca bekerjasama dengan museum Mandiri, Direktorat Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan Nasional, dan Create Festival 2010 menyelenggrakan workshop Bookcraft Go Green. Membaca dan mendengar kata-kata ‘go green‘ tentu Anda akan langsung teringat pada bahan-bahan ramah lingkungan, yang dapat didaur ulang, sehingga tidak menambah jumlah sampah dan mengotori alam.

Bookcraft pada dasarnya merupakan gabungan dua kata, book (buku) dan craft (kerajinan). Bookcraft adalah kerajinan tangan berbentuk buku yang dikemas semenarik mungkin. Untuk membuat sebuah bookcraft, Anda tidak perlu menjadi seorang penulis, ilustrator, atau desainer buku. Semua orang dapat melakukannya. Cara membuatnya sangat mudah. Berkreasilah sebebas mungkin. Gunakan seluruh keterampilan, jiwa seni, dan selera Anda untuk membuat sebuah bookcraft. Isinya bisa sangat beragam. Sesuaikan saja dengan minat atau apapun yang ingin Anda tuangkan. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun dapat ikut serta dalam workshop ini. Acara tersebut akan menjadi kegiatan bersenang-senang yang mendidik.

Pada Bookcraft Go Green, Anda akan langsung dibimbing oleh fasilitator-fasilitator hebat, seperti Ana P. Dewiyana (senior editor di Pelangi Mizan) dan program manager Forum Indonesia Membaca, Sekar Chamdi. Kedua orang tersebut berpengalaman menggunakan bookcraft sebagai salah satu alat permainan untuk meningkatkan kesenangan membaca. Sebelum berani dan pantas menjadi seorang fasilitator, sebelumnya, mereka telah beberapa kali mendapatkan pelatihan sejenis dengan fasilitator dari Jerman.

Penasaran? Datang saja ke museum Mandiri lantai dasar, Kota, Jakarta, pada Sabtu, 27 November 2010. Acara akan dimulai pukul 09:30-17:00. Jangan asal datang, ya, sebelumnya Anda harus mendaftarkan diri ke [email protected] atau [email protected] dan membayar sebesar Rp. 250 ribu.

Anda cukup datang dengan tangan kosong, karena semua materi workshop, makan siang, serta snack akan disediakan oleh penyelenggara. Have fun!

(Berbagai sumber)

SHARE