Hindari Bahaya Abu Vulkanik Merapi

0
35

.Merapi semakin menyebarkan abunya keseluruh jawa, berita terakhir abu sudah mencapai wilayah Sukabumi, Gunung Salak (Bogor), Cimahi, Tasikmalaya, Bandung dan Pangandaran yang berjarak puluhan sampai ratusan kilometer.

Menurut situs resmi badan geologi Indonesia, tanggal 5 November 2010, menyatakan: wilayah yang aman bagi para pengungsi diubah dari di luar radius 15 km, menjadi di luar radius 20 km dari puncak Gunung Merapi.

Bahaya abu vulaknik merapi semakin menyebar. Sekilas terlihat abu vulkanik tampak seperti bubuk lunak tidak berbahaya. Kenyataannya abu vulkanik merupakan bahan batu dengan kekerasan sekitar 5+ pada skala Mohs Hardness.

Skala Mohs adalah sebuah skala pengukuran yang digunakan untuk mengukur tingkat kekerasan suatu mineral. Skala ini mendefinisikan 10 tingkatan kekerasan mineral. Satu untuk yang terlunak dan 10 untuk yang terkeras. Skala 5+ menunjukkan tingkat kekerasan setara apatit atau pisau saku.

Abu vulkanik berbahaya bagi kesehatan selain membuat tidak nyaman dalam bernapas hal lain yang dapat ditimbulkan yaitu, iritasi tenggorokan, batuk, penyakit bronkitis, dan iritasi mata. Hal ini dapat dikurangi dengan penggunaan masker debu dan usahakan hindari paparan abu sebisa mungkin. Bagi siapapun yang berpenyakit bronkitis, emfisema atau asma harus menghindari paparan dan yang menggunakan lensa kontak harus lebih waspada.

(Berbagai sumber)

SHARE