Menangani Cedera Kaki Akibat Berlari

0
43

.Joging dengan pemandangan hijau di sekitar, menambah suasana berolahraga semakin bersemangat. Jika tidak waspada dapat mengakibatkan cedera pada kaki. Hal ini dapat terjadi akibat dua faktor. Pertama, faktor internal diantaranya adalah: Overtraining, kondisi tubuh, dan cedera kambuhan. Kedua, faktor eksternal, biasanya disebabkan oleh: sepatu yang tidak sesuai dengan kebutuhan, usia sepatu, berlari tanpa alas atau kaos kaki.

Berikut cara menanganinya yang dianjurkan oleh Dr.Michael Triangto, SpKO:

Menangani Cedera

Pertama kali yang harus dilakukan ketika cedera adalah dengarkan tubuh Anda. “Jika terasa sakit yang tidak biasa terjadi pada latihan-latihan sebelumnya, maka Anda harus menghentikan latihan terlebih dahulu dan mulai memeriksakan tempat yang sakit tersebut,” jelas Dr. Michael.

Pada umumnya, cedera akan menimbulkan peradangan (inflammation) dan harus diantisipasi. Tanda peradangan yaitu:

  • Tumor (benjolan)
  • Calor (panas)
  • Dolor (nyeri)
  • Rubor (berwarna kemerahan)
  • Fungsiolesa (gangguan fungsi)

Jika terdapat tanda-tanda di atas pada kaki Anda ketika latihan lari, itu berarti terdapat robekan pada jaringan otot, atau ligamen, atau tendon. “Robekan tersebut dapat menimbulkan pendarahan yang terjadi di bawah kulit,” jelas Dr. Michael. Sebagai pertolongan pertama, Anda bisa meredakan peradangan tadi menggunakan sistem Rice: Rest, Ice, Compression, dan Elevation.

Rest: Segera hentikan latihan jika terdapat semua tanda di atas, “…agar cedera tidak meluas,” terang Dr. Michael.
Ice: Berikan kompres es pada area yang cedera selama 30 menit sesering mungkin, tergantung berat atau ringannya cedera.”Ini bisa membekukan dan menghentikan pendarahan yang terjadi,” jelasnya.
Compression: Bebat area yang cedera menggunakan elastic bandage,”,,,untuk menekan benjolan yang ada, agar darah yang sudah masuk area peradangan di bawah kulit tadi kembali ke pembuluh darah semula,” jelasnya.
Elevation: Tinggikan posisi kaki Anda, “…agar darah dan cairan dapat kembali mengalir dan ditarik oleh jantung dengan mudah,”terangnya.

Lakukan penanganan RICE tadi selama dua hari untuk benar-benar menghentikan proses peradangan, setelah itu cedera akan berwarna biru. Jika sudah seperti itu, berikanlah kompres hangat selama 30 menit, supaya aliran darah menjadi lebih baik, “Aliran darah itu akan membawa sampah-sampah keluar dari lokasi cedera tadi dan membawa aliran darah baru untuk memberikan makanan pada tempat-tempat yang cedera tadi,”jelas, Dr. Michael.

(Men’s Fitness, Juli 2010)

SHARE