Modernisasi Masyarakat Melalui Forum Indonesia Membaca

0
42

.Membaca buku bisa menambah pengetahuan. Tidak bisa dipungkiri, bahwa hanya dari sebuah buku, Anda bisa mengenal dunia. Anyway, membaca itu menyenangkan, kok. Membaca novel, cerpen, puisi, esai, dan masih banyak lagi jenis tulisan lain dapat dijadikan penghibur kala diri bosan.

Membaca adalah hobi yang bermanfaat. Forum Indonesia Membaca bisa melihat ini. Bila Anda menyukai sesuatu, maka Anda akan terus melakukannya secara reguler. Hal ini akan menjadi kebiasaan hidup sehari-hari. Menurut forum yang didirikan pada 29 Oktober 2001, di Jakarta ini, hobi membaca adalah karakter khusus mayarakat maju dan modern.

Apakah bangsa Indonesia sudah cukup maju? Belum, karena tidak banyak orang Indonesia yang suka dan biasa membaca di manapun dan kapanpun dia berada. Forum Indonesia Membaca memprihatinkan hal ini. Untuk itu mereka mendukung upaya-upaya mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pembudayaan kebiasaan membaca sebagai kunci menguak kecintaan akan ilmu pengetahuan, seni, nilai-nilai luhur, dan kebudayaan bangsa.

Tidak hanya itu, langkah nyata dilakukan dengan membangun berbagai perpustakaan di banyak daerah di Indonesia. Berkantor di gedung museum Mandiri, Kota, Jakarta, forum tersebut dijalankan oleh sekelompok relawan yang berasal dari latar belakang pendidikan, profesi, usia, dan gaya hidup yang berbeda. Tidak hanya mendirikan perpustakaan komunitas, perpustakaan kecil, website budaya baca, dan toko buku independen, para relawan ini juga mengadakan festival buku, bedah buku, temu penulis, dan program-program pendidikan menghibur.

Tahun ini, Forum Indonesia Membaca – bekerjasama dengan Museum Mandiri, Direktorat Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan Nasional, dan Create Festival 2010 mengadakan sebuah workshop Bookcraft Go Green.

Bila Anda ingin ikut terlibat menjadi ‘sobat literasi’, Anda bisa mendaftarkan diri ke [email protected]. Anda berhak memilih sendiri tugas-tugas yang dikehendaki sesuai dengan keahlian Anda. Bekerja suka rela sambil menyalurkan hobi membaca, dan membantu mengembangkan budaya literasi baca-tulis, menyenangkan, bukan?

(Berbagai sumber)

SHARE