Empat Cara Mudah Memastikan Keamanan Rumah

0
32

.Semua paspor dan tiket perjalanan sudah disiapkan, kamar hotel, sudah dipesan, dan Pod serta buku andalan sudah siap menemani perjalanan. Tapi, bagaimana dengan rumah anda?? Apakah akan aman dan baik-baik saja selama anda tinggal liburan?? Well, anda tak perlu was-was karena Frommers membagikan 4 langkah mudah untuk memastikannya.

Tip #1: Minta Bantuan Tetangga
Apakah tetangga anda ada yang melakukan pekerjaannya dari rumah atau malah ada tetangga anda yang merupakan full-time-parent dan menghabiskan waktunya untuk mengasuh anak di rumah? Wah, kebetulan sekali. Karena kadang yang rumah anda butuhkan selama anda bepergian adalah sepasang mata yang mau memperhatikan kondisi dan keamanannya. Anda hanya cukup meminta kesedian tetangga anda untuk mengabari anda kalau-kalau terjadi hal yang tidak wajar selama anda bepergian. Berikan nomor ponsel atau nomor apapun yang bisa dihubungi di tempat tujuan anda nanti, dan kalau anda benar-benar percaya, anda bisa menitipkan kunci rumah pada mereka.

Tip #2: Kepergian Anda Jangan Diumumkan Secara Berlebihan
Deep down inside kita semua suka sedikit pamer tentang apa saja, termasuk rencana liburan yang sudah lama kita nantikan. Namun tentu saja hal yang paling bijak adalah menyimpan semua cerita dan rencana anda dan mengabarkannya setelah  pulang dari liburan nanti. Kalau anda berfikir bahwa 773 teman Facebook dan 599 follower Twitter anda adalah sahabat sejati anda, fikir ulang gagasan ini. Di zaman sekarang ini segala hal bisa terjadi dan ingat, kejahatan bukan hanya terjadi karena ada niat dari pelakunya, tapi juga karena adanya kesempatan.

Tip #3: Biarkan Beberapa Lampu Tetap Menyala
Kebanyakan orang selalu menutup rapat-rapat rumah mereka dan mematikan semua lampunya kalau sedang bepergian. Hal yang seperti ini hanya akan menjadi sebuah kartu undangan untuk hal-hal yang pastinya tidak kita harapkan. Yang sebaiknya anda lakukan adalah menyisakan sedikit celah dan jangan tutup gordyn anda secara full. Selain itu mintalah kepada orang yang anda percayai untuk menjaga dan mengawasi rumah anda selama anda pergi dan tak lupa memintanya  untuk menyalakan dan mematikan lampu rumah anda di lokasi yang berbeda secara bergantian. Setidaknya hal ini mengindikasikan bahwa rumah anda masih ada penjaganya.

Tip #4: Untuk Sementara Waktu Hentikan Semua Kiriman Barang
Salah satu tanda bahwa sebuah rumah sedang ditinggal pergi oleh pemiliknya adalah ketika di halaman depan rumah tersebut terdapat tumpukan surat kabar. Tentunya anda tidak menginginkan hal ini menjadi sebuah open invitation bagi  para penjahat untuk menguras isi rumah anda, kan? Oleh karena itu, pastikan anda telah menghentikan berbagai pengiriman seperti surat kabar, berita edaran, dan mungkin kiriman susu segar untuk sementara, sampai kepulangan anda dari bepergian.

(Berbagai sumber).

SHARE