Opening Ceremony, "The Best Independent Men's Stores" di Amerika

0
31

.Di Indonesia, kita punya berbagai toko bernama distro yang menjual berbagai label pakaian yang diproduksi secara independent. Di Amerika, mereka juga punya semacam distro, tapi lebih besar dan dikonsep dengan lebih matang. Mereka menyebutnya independent stores.

Konsep yang rata-rata mereka kembangkan adalah tak hanya sekedar menjadi toko pengecer pakaian, tapi juga mampu memberikan pengalaman berbelanja dan lifestyle yang menggoda. Memang terdengar memiliki filosofi yang seragam, namun aplikasi dan eksekusinya biasanya sangat bersifat personal. Placement produk ditata dengan sempurna, selalu spesial, edgy, dan mampu mempengaruhi arah pergerakan trend dan gaya berbusana.

Setelah melakukan kajian terhadap lanskap toko retail pakaian pria se-Amerika, majalah GQ menunjuk sebuah nama yang merepresentasikan toko pakaian pria terbaik di Amerika dan mendapatkan panggilannya sebagai the high-end hipster Mecca. Toko tersebut bernama Opening Ceremony dan berlokasi di 451 North La Cienega Blvd., Los Angeles, California.

Toko yang pertama kali dibuka di bulan April 2007 ini awalnya adalah sebuah studio seni milik Charlie Chaplin. Kemudian Carol Lim dan Humberto Leon merombak ruangan seluas 930 m2 ini menjadi sebuah mini department store, tempat berkumpulnya label-label indie seperti Acne, Nom de Guerre, dan Band of Outsiders.

Masing-masing label menggunakan berbagai material seperti furniture, partisi, tangga dan alat-alat pertukangan, bahkan patung berbagai bentuk dan bagian untuk menciptakan mood yang sesuai dengan selera masing-masing brand. Kata kuncinya adalah individual, anti keseragaman, dan hasilnya adalah sebuah pesta visual dan pengalaman berbelanja yang tak ada duanya.  

(Berbagai sumber)

SHARE