Seni Menaklukkan Taksi

0
59

.Armada taksi di Asia punya tarif yang cenderung murah dan banyak jumlahnya. Meskipun demikian, kadang seringkali tak bisa diandalkan dan bahkan mengancam keselamatan. Sebagai smart traveler, ini dia beberapa panduan seperti yang dikutip dari majalah Travel+Leisure yang akan membantu anda untuk menghindari sakit kepala gara-gara masalah taksi:

1. Tulis alamat tujuan anda dalam bahasa setempat, termasuk cara pengejaannya sekalian. Apalagi kalau anda melakukan perjalanan ke negara-negara multi suku dan bahasa yang beda pelafalan akan menghasilkan perbedaan pengertian. Kalau anda tidak tahu bagaimana menulisnya, mintalah pertolongan pada concierge untuk menuliskannya.

2. Tengoklah sebentar peta anda untuk mengetahui gambaran kasar rute yang akan anda tempuh. Dengan melakukan hal ini, setidaknya anda juga akan membantu sopir taksi anda yang akhirnya juga akan menolong diri anda sendiri karena meminimalisir kemungkinan untuk tersasar.

3. Pastikan bahwa sopir taksi anda tahu dimana lokasi tujuan anda. Di kota-kota seperti Shanghai, Hong Kong dan Singapura, biasanya sopir taksi adalah warga asli yang benar-benar mengerti rute kerjanya. Sementara di kota lain, kadang mereka baru datang kemarin dari daerah dan hari ini langsung bekerja sebagai sopir taksi. Kalau sopir anda menunjukkan gejala bingung dan tak tahu jalan, sebaiknya anda segera berganti kendaraan saja.

4. Pastikan anda mengantongi uang yang cukup. Di Singapura, sopir taksi menerima pembayaran melalui credit card, di belahan kota lain, anda hanya bisa mengandalkan segepok uang di tangan anda.

5. Sebelum keluar dari taksi yang anda tumpangi, pastikan tak ada barang anda yang tertinggal. Singapura sepertinya adalah satu-satunya negara dengan sopir taksi yang sadar hukum dan mengerti arti penting barang pribadi milik anda. Di negara lain, mungkin beberapa sopir ada yang menyimpan harapan agar barang anda ada yang tertinggal.

6. Kenali warna dan perusahaan taksi anda. Selain penting untuk kenyamanan, identifikasi perusahaan taksi juga penting untuk kemanan anda dan barang bawaan anda. Sebisa mungkin pilihlah armada taksi yang bereputasi.

7. Know your rights. Kadang beberapa sopir taksi enggan menyalakan argonya. Mau komplain dan menghubungi nomor pengaduan? Meskipun sudah tertera nomor pengaduan yang bisa anda hubungi, namun kadang layanannya tidak maksimal dan malah mengecewakan. Meskipun demikian, tetap catat nama dan plat nomor taksi yang anda tumpangi untuk mempermudah complaint kalau memang ada yang ingin anda keluhkan.

(berbagai sumber)

SHARE