Sukses Ala ATD Indonesia

0
27

.Banyak orang stres dan memutuskan bunuh diri karena masa depan suram menanti. Hal ini disebabkan oleh rencana-rencana, seluruh harapan, serta impian yang tak kunjung terwujud. Bila Anda termasuk di dalamnya, maka ada satu hal yang harus Anda ketahui. Semua rasa gagal muncul karena Anda terlalu mudah menyerah.
 
Sabtu, 6 November 2010 lalu, Ghiboo berkesempatan mendatangi workshop Mindset Investment Programming yang diadakan oleh Academy of Transformation and Development Indonesia (ATD Indonesia). Berdasarkan ilmu hypnotheraphy, NLP, dan egostate theraphy – sesuai dengan judul – ATD mengajak para peserta untuk melakukan investasi pada otak. Bayangkan saja seorang pengusaha yang berinvestasi pada saham, orang tersebut pasti menginginkan hasil yang positif pada investasi yang telah dilakukannya. Begitu pula konsep investasi otak. Tanamkan hal-hal baik, maka Anda akan mendapatkan hasil yang positif dalam kehidupan Anda dari investasi tersebut.
 
Pada dasarnya, semua manusia diciptakan sebagai makhluk yang sempurna, makhluk juara. Namun, Anda tidak menyadari hal ini, sehingga terlalu mudah mengucapkan “Saya tidak bisa,” meski baru beberapa kali mencoba. Mindset Investment Programming membantu Anda memrogram pikiran dengan hal-hal posistif. Memikirkan masa depan, pasti Anda pun mempersiapkan diri untuk menghadapi peristiwa-peristiwa negatif. In case the worst situation comes. Tidak ada yang tahu, akan seperti apa masa depan Anda. Daripada sibuk memikirkan hal negatif yang belum terjadi, lebih baik isi dan penuhi diri dan hidup Anda dengan pemikiran-pemikiran positif. Bahkan, masa depan itu sepenuhnya baik. Tidak ada yang buruk. Semua hal yang nantinya terjadi dalam hidup Anda telah mendapat izin dari Tuhan. Apa Anda masih berpikir, bahwa Tuhan yang Maha Baik tega menciptakan hal buruk untuk Anda? Mulailah memrogram masa depan dengan menetapkan target-target kecil Anda dan usahakan agar tetap konsisten mencapai hal-hal tersebut. “Bermimpilah yang besar, lakukan yang kecil, dan konsisten,” kata Rully.
 
Rully Mujahid Nurul Fallah ST, MCH, Ch.T., selaku pembicara, mengatakan bahwa otak terbagi menjadi dua, conscious (sadar) dan unconscious (bawah sadar). Otak sadar (conscious) manusia bekerja sebanyak 12%. Sisanya, sebanyak 88%, dimainkan oleh otak bawah sadar. Sayangnya, banyak orang belum mengetahui bagaimana cara ‘memainkan’ dan menggunakan otak unconscious tersebut. Untuk bisa melakukan hal ini, Rully menekankan, bahwa para peserta harus mau mengosongkan pikiran untuk menerima ilmu baru dan terlibat 100%.  
 
Yakinkan diri Anda sendiri, bahwa Anda mampu mencapai semua mimpi dan harapan. Keyakinan yang dilengkapi dengan segala perkataan, pikiran, dan perasaan positif berjalan selaras dengan afirmasi (meminta), visualisasi, fokus, dan bersyukur. Itulah kunci keberhasilan. Hukum ketertarikan (law of attraction) berlaku di sini. Getaran apa yang Anda keluarkan, alam akan mengembalikannya dengan jumlah yang lebih banyak. Bila Anda banyak memikirkan tentang kegagalan atau merasa tidak percaya diri, maka kegagalan akan terus mendatangi Anda bertubi-tubi. Be confident! Mantapkan dan yakinkan hati, bahwa Anda akan berhasil, tentunya diikuti dengan tindakan nyata untuk mewujudkan langkah-langkah tersebut.  
 
Berlatihlah untuk selalu berkata-kata dengan kata postif, bukan negasi. Berhenti mengucapkan kata ‘jangan’, ‘tidak’, ‘dilarang’, ‘harus’, ‘seharusnya’, dan ‘tetapi’. Ganti kata-kata tersebut dengan kalimat masa kini. Contoh, bila meminta sesuatu, jangan ucapakan “Suatu hari saya akan menjadi seorang suami sukses”. Jabarkan dengan kalimat “Dua tahun dari sekarang, 9 November 2010, saya adalah seorang suami bagi Astrid Rahardhani, yang memiliki paras seperti Atiqah Hasiholan. Saya membahagiakannya dengan membelikan rumah putih tipe Kebayoran View di daerah Bintaro, berlantai dua dengan luas bangunan 291 meter dan luas tanah 255 meter.” Pada saat mengucapkan afirmasi, mintalah dengan spesifik. Ungkapkan bagaimana seluruh panca indera ‘bersentuhan’ dengan mimpi Anda yang terwujud itu nanti. Biarkan hal tersebut datang terlebih dahulu ke dalam pikiran Anda. Inilah arti ‘visualisasi’. Semakin nyata dan detil Anda menghadirkannya, semakin mudah otak bawah sadar menerima pesan tersebut.  
 
Otak conscious menginginkan sesuatu, sedang otak unconscious berfungsi untuk mewujudkannya. Ingat, tetap fokus! Jangan biarkan pikiran melayang kemana-mana. Bila Anda tidak fokus terhadap sesuatu, maka hal tersebut tidak akan ‘datang’ ke dalam hidup Anda. Langkah terakhir adalah bersyukur. Bersyukur mengandung nilai energi tertinggi. Semakin sering Anda bersyukur, semakin besar energi postif yang Anda pancarkan dan keluarkan, maka alam pun akan mengembalikan kepada Anda dalam jumlah lebih banyak berupa hal-hal postiif.
 
“Bila Anda menginginkan sesuatu, mintalah. Yakin di dalam hati, maka Anda akan menerima hal tersebut,” jelas Rully lebih lanjut. Bermimpilah yang besar, pikirkan target-target besar untuk mencapai mimpi itu, kemudian pecahkan target-target besar tersebut menjadi banyak target kecil. Mulailah mewujudkan target-target kecil itu satu persatu. Tidak hanya dalam hal bisnis dan pekerjaan, hal ini dapat Anda terapkan pula pada keharmonisan suami-istri, keluarga, dan khususnya mengasuh anak dengan hypnoparenting.
 
Kesuksesan merupakan proses. Tidak ada yang instan. Lakukan satu per satu dan Anda sudah membeli ‘tiket’ kesuksesan kelas satu.
 
(Ghiboo)

SHARE