Surf Like Andy Irons

0
24

.Iri rasanya melihat banyak orang bule dan kekar berbadan tegap beraksi di atas papan seluncur menantang ombak liar di pinggir pantai. Tidak usah berpikiran muluk-muluk ingin menggantikan posisi Andy Irons, sang peselancar kelas dunia yang baru saja meninggal dunia 2 November 2010 lalu. Perhatikan hal-hal dasar yang perlu diketahui menyangkut surfing agar tidak membahayakan nyawa Anda sendiri.

Pantai manapun yang akan Anda pilih untuk bertualang, pastikan tubuh Anda seudah terlebih dahulu terlindungi dan tertutup oleh swimsuit (baca: pakaian selam dan surfing), sepatu boot, dan penutup kepala, bila perlu. Berjaga-jaga saja agar kulit tidak mendapatkan memar akibat terbentur dan tergores permukaan kasar papan.

Gunakan sunblock. Krim anti matahari tidak hanya dikhususkan untuk perempuan, namun lebih untuk melindungi kulit agar tidak terbakar sinar matahari langsung. Meski cuaca sedang mendung, sinar ultra violet tetap bisa masuk melewati awan-awan gelap. Gunakan sunblock anti air dan mengandung kadar SPF yang tinggi. Untuk bibir, hidung, dan pipi, Anda bisa menggunakan zinc oxide yang akan memberikan perlindungan ekstra.

Untuk seorang pemula seperti Anda, pilihlah pantai yang aman dengan ombak-ombak kecil. Anda bisa lebih mudah belajar di medan yang tidak terlalu berbahaya. Pilihlah papan selancar yang panjang. Longboard lebih ringan dan stabil untuk dikendalikan saat dinaiki. Bila berniat menyewa, pilihlah papan soft-top board. Sesuai namanya, papan ini terbuat dari foam. Empuk dan tidak sakit saat kepala terbentur di atasnya. Pastikan juga agar papan tersebut memiliki rantai yang dapat menghubungkan pergelangan kaki dengan papan. Ini untuk mencegah papan hanyut dan menjauh dari Anda. Malu, donk, jika pada akhirnya harus berenang sendirian ke tepi pantai, padahal awalnya terlihat gagah menenteng dan beraksi di atas papan.

Carilah seorang instruktur untuk mengajari dan mengawasi Anda belajar berselancar. Bila tidak punya budget-nya, mintalah seorang teman yang sudah sering bermain untuk memandu Anda. Hindari tindakan sotoy.

Berselancar juga ada etikanya. Hormati kekuatan laut dan tentu saja para peselancar lain. Jangan ikut masuk ke dalam ombak yang telah ‘dimainkan’ oleh peselancar lain. Ini akan mengganggu konsentrasi dan keseimbangannya. Berbahaya. Posisi peselancar yang satu dengan lainnya dapat berubah-ubah dengan sangat cepat. Anda harus sigap dan waspada setiap detik. Bila Anda terpental dan jatuh dari papan, usahakan segera mengambil dan menarik kembali papan Anda agar tidak mengenai peselancar lain.

Satu hal yang dibutuhkan untuk menjadi peselancar profesional macam Andy Irons, keberanian. Selain skill, Andy juga tidak punya rasa takut dan sangat agresif menantang ombak. Berikut kalimat yang pernah dikeluarkan dari mulut Andy, sebelum dia meninggal, “Saya memiliki banyak unsur iblis di dalam diri. Bila tidak berselancar untuk mengeluarkan mereka, diri saya akan rusak dan hancur.” Mungkin kalimat tersebut bisa memotivasi Anda untuk tidak berhenti belajar berselancar?

(Berbagai sumber)

SHARE