World's Newest Natural Wonders, What A Wonderful World

0
32

.Selama hampir 28 tahun, Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO) telah mengidentifikasi lebih dari 180 tempat yang dianggap sebagai keajaiban alam yang tersebar di 77 negara. Program ini sendiri bertujuan untuk mengkatalogkan, menamakan, dan tentu saja melestarikan tempat-tempat yang sangat penting agar menjadi warisan umat manusia di seluruh dunia.

Baru-baru ini PBB kembali mengumumkan beberapa tempat yang berpotensi masuk dalam daftar situs Warisan Dunia. Inilah beberapa diantaranya, seperti yang dikutip dari budgettravel:

1. China Danxia
Daerah yang dikenal dengan nama China Danxia ini terbentang seluas hampir 310 mil dan berada di sebelah barat daya Xi’an, tempat para prajurit terakota berasal. Di China Danxia anda akan menemukan landskap yang indah luar biasa bagai lukisan negeri Cina. Bukit-bukitnya yang berpilar dan berwarna merah bata serta lembah-lembahnya lebih seperti pemandangan planet Mars daripada pemandangan daerah Cina pada umumnya.

2. Kawasan Lindung Kepulauan Phoenix
Kepulauan yang berjarak 6000 mil dari Fiji ini merupakan salah satu kawasan lindung yang menjadi habitat dari ratusan spesies ikan, mamalia, dan burung. Kini kepulauan Phoenix ini dinyatakan sebagai kawasan perairan terluas yang berstatus dilindungi. Salah satu jenis ikan yang paling indah dan mewarnai perairan ini adalah Anemone fish yang masih berkerabat dengan Clown fish, atau si Nemo di Finding Nemo.

3. Papahanaumokuakea, Hawaii
Tempat yang satu ini memang membutuhkan usaha ekstra untuk menyebutkan namanya. Namun setelah melihat keindahan alam Papahanaumokuakea (anda bisa mengucapkannya seperti ini: pah-pah-haah-now-moh-mh-koo-aah-kay-ah) anda pasti akan terpesona dan langsung jatuh cinta. Sebuah pulau kecil di tengah lautan yang berwarna velvet blue dengan ombaknya yang tenang dan karang-karang indah panjang membentang. Dan kalau anda menaiki bukitnya, anda akan menjumpai sekumpulan burung Brown Booby yang sedang berjemur, dengan background lautan luas yang memperlihatkan lekukan bumi. Daripada jauh-jauh pergi ke luar angkasa, anda cukup datang ke Papahanaumokuakea untuk membuktikan bahwa bumi itu bulat.

4. Kawasan Konservasi Ngorongoro di Tanzania
Zebra, wildebeests, dan kucing hutan adalah makhluk alam yang yang bisa anda jumpai di padang ilalang seluas  3,200 mil persegi. Selain sebagai kawasan konservasi, akhir-akhir ini Ngorongoro juga terkenal sebagai kawasan kebudayaan setelah ditemukannya bukti kehidupan manusia purba di sana.

(Berbagai Sumber)

SHARE