Kehangatan White House Periode Barrack Obama

0
38

.Sudahkah Anda bertemu Obama pada kunjungannya ke Indonesia selama dua hari satu malam – sejak kemarin Selasa, 9 November 2010? Setelah menyelesaikan tugas-tugasnya, presiden Amerika Serikat tersebut akan kembali ke rumahnya di negeri paman Sam sana, White House.

Semenjak terpilih jadi presiden, Barrack Obama, istrinya, Michelle Obama, beserta anak-anaknya pindah dan mendiami White House, layaknya presiden-presiden Amerika terdahulu. White House telah menjadi rumah bagi 43 keluarga dalam kurun waktu dua abad. Bila Anda singgah ke Amerika, Anda bisa mengunjungi White House. Tempat tinggal orang nomor satu di negeri adidaya tersebut terbuka untuk umum. Setiap hari, terdapat lebih dari 6000 ribu pengunjung datang dan melihat-lihat bangunan tersebut.

White House benar-benar megah. Seratus ruangan dan sekitar 24 kamar mandi tersebar di tiap sudut bangunan empat lantai ini. Empat lantai yang ada dilengkapi dengan dua ruang bawah tanah tambahan. Blue Room, Green Room, Yellow Oval Room, Oval Office, Red Room hanyalah beberapa contoh ruangan yang ada di sana. Tidak hanya interior tiap ruangan yang ditata secara tradisional dan indah, namun keseluruhan ruangan membuat White House terlihat sangat mewah dan eksklusif. Sejarah panjang mengenai ‘rumah’ keluarga Obama itu pun cukup menarik untuk disimak.

Ruangan pertama yang akan Anda temui saat melakukan tur di White House kemungkinan besar adalah Blue Room, karena terletak di lantai pertama. Lonjong, itulah bentuk ‘ruangan biru’. Ruangan ini digunakan untuk berbagai resepsi. Didominasi oleh warna biru, Blue Room kadang dijadikan tempat santap malam untuk kapasitas kecil. Dalam sebuah event Take Your Kids to Work Day, saat ditanya oleh seorang anak, Michelle Obama mengatakan, bahwa ruangan ini menjadi favoritnya.

Berbeda dengan ruangan favorit istrinya, Yellow Oval Room sarat dengan warna kuning. Ruangan ini terletak persis di atas Blue Room. Perpustakaan, kantor, dan tempat anggota keluarga duduk berbincang-bincang adalah fungsi dibangunnya Yellow Oval Room. Sama-sama bernama ‘oval’, namun Oval Office tidak berwarna kuning seperti Yellow Oval Room. Oval Office ini berfungsi sebagai ruang kerja, khusus untuk presiden. Tiga jendela berukuran besar dan menghadap ke selatan dipasang persis di belakang meja kerja Obama. Ada empat pintu yang dapat dibuka untuk mencapai ruangan ini. Salah satunya, yang berada di timur, membukakan jalan ke Kebun Mawar (Rose Garden).

Apa itu Red Room? Red Room adalah satu dari tiga ruang bersantai bagi keluarga yang terletak di lantai dasar White House. Nuansa merah menambah semangat dan keceriaan kala para anggota keluarga memainkan musik di sana. Pesta makan malam untuk orang-orang terdekat pun kadang kala dilakukan di Red Room. Green Room merupakan tempat bersantai selain Red Room di lantai yang sama. Ruangan ini berwarna hijau dan kerap digunakan sebagai tempat pelaksanaan resepsi-resepsi kecil dan acara minum teh bersama.

Barrack Obama sangat perduli dengan White House. Presiden Afro-American pertama di negeri paman Sam tersebut telah meminta jasa beberapa desainer interior terkenal, yang pernah bekerja pada Cindy Crawford dan Steven Spielberg, untuk mendekorasi ruangan-ruangan di sana. Sang desainer, Michael S.Smith mempercantik kamar tidur Malia (10) dan Sasha (7). Keduanya adalah anak Barrack Obama dan Michelle Obama. Melansir dari Washington Post, Obama ikut terlibat dalam pemilihan benda-benda yang lebih ‘berbau’ anak-anak. Istrinya, Michelle pun mendukung. Michelle ingin membuat White House terlihat dan terkesan lebih ramah dan kekeluargaan.

Rumah yang hangat lahir dari hati yang hangat pula, benar?

(Berbagai sumber)

SHARE