Tips Bergaul di Jejaring Sosial

0
50

.Maraknya orang yang menjadi anggota Facebook, Twitter, Foursquare dan jejaring sosial lainnya membawa dampak bagi penggunanya. Dampak baiknya adalah terjalinnya kembali tali silaturahmi yang mungkin sempat terputus karena aktivitas para individunya. 

Sudah banyak cerita yang Ghiboo dengar bagaimana seorang menemukan jodohnya (menikah) dari Facebook, menemukan kembali teman masa kecilnya, terjalin persahabatan dan relasi bisnis baru berkat jejaring sosial seperti ini. Seperti uang logam yang mempunyai dua sisi, fenomena jejaring sosial pun mempunyai dua sisi, yaitu sisi baik dan buruk atau untung dan rugi.

Tips update status di Facebook, Twitter dan Foursquare. Tips ini juga berlaku di semua jejaring sosial yang Anda ikuti, Ghiboo hanya menggunakan tiga situs tersebut karena menurut Ghiboo merekalah yang sedang ramai diakses oleh para pengguna internet dan ponsel.

1. Jaga kata-kata Anda!
Mungkin Anda memang sedang kesal dengan seseorang atau situasi, tapi jangan kotori wall (Facebook) atau timeline (Twitter) orang lain dengan kata-kata makian dan sumpah serapah dari update Anda. Tidak ada orang yang suka membaca hal-hal negatif seperti itu. Sudah banyak cerita tentang orang yang dipecat dari pekerjaannya karena mengatakan hal yang tidak baik terhadap atasannya.

2. Kurangi “berdoa” di status
Memang tidak ada larangan untuk berdoa dimana pun, beberapa orang suka mengekspresikan perasaannya dengan berdoa melalui status jejaring sosialnya. Apakah Anda pernah merenung apa gunanya “berdoa” di status? Menurut Ghiboo berdoa bisa dilakukan tanpa harus update status di jejaring sosial. Anda ingin mencari status sebagai orang baik atau sedang riya/ menyombongkan diri? Menurut Ghiboo beribadah yang ingin diketahui diketahui orang lain termasuk riya/ menyombongkan diri.

3. Jangan pernah mengeluh!
Tidak ada orang senang membaca keluhan Anda setiap hari di status. Lain halnya bila Anda sedang melaporkan situasi jalan melalui Infoll, keluhan Anda bisa menjadi acuan orang lain untuk mengambil jalur alternatif. Apalagi bila Anda seorang wanita yang kerjaannya setiap hari selalu mengeluh dan disertai kata-kata kasar. Citra yang Anda bangun tentu kurang baik. Sedangkan bagi Anda seorang pria yang mengupdate status tentang “bagaimana ya cari ngedeketin si doi?“, status ini mungkin mengundang komentar dari teman-teman Anda, tapi Anda malah sibuk membalas komentar daripada langsung bertindak ngedeketin si doi.

4. Jangan terlalu terbuka dengan lokasi pribadi (khusus Foursquare)
Sangat tidak disarankan untuk memberitahukan dimana tempat tinggal Anda melalui Foursquare. Meskipun memang hanya untuk bersenang-senang, apakah pernah terpikir oleh Anda bahwa informasi (alamat rumah) yang diberikan mungkin bisa berbalik menyerang Anda? Khususnya bila Anda sedang dicari-cari teman yang sedang menagih hutang Anda.

Anda termasuk golongan yang nomor berapa? Apapun kelompok Anda, Ghiboo hanya menyarankan supaya Anda bisa menjadi teman yang informatif dan positif di jejaring sosial. Pada akhirnya Anda bebas mau menulis status apa, toh orang tidak bisa menilai Anda dari statusnya saja.

(Ghiboo)

SHARE