8 Langkah Mudah Memotivasi Diri

0
51

.Motivasi diri sering kali menjadi hal yang memisahkan antara sukses dan kegagalan. Hal ini dapat membantu Anda untuk menghentikan kebiasaan buruk seperti merokok atau ngemil. Motivasi diri yang tepat dapat membuat Anda maju dalam pekerjaan dan kehidupan. Bagaimanapun, melakukan motivasi diri secara terus menerus tidak semudah yang Anda pikirkan.

Satu hal yang terpenting yaitu bangunlah sikap positif, sadari Anda tidak bisa mengontrol setiap kejadian, yang bisa dilakukan hanyalah bagaimana cara Anda menyingkapi kejadian tersebut. Pepatah lama mengatakan “Jika Anda berpikir tidak bisa, maka itu benar”. Oleh karenanya tetaplah berpikir positif dan ikuti delapan langkah ini untuk motivasi diri dan perhatikan hasilnya dalam kehidupan Anda.

  1. Bayangkan terus hal-hal yang memotivasi Anda. Apa yang membuat Anda termotivasi? mobil mewah terbaru, jalan-jalan ke luar negri, ibadah haji atau yang lainnya. Letakan foto benda atau tempat impian Anda di meja kerja atau tempat lainnya yang sering Anda gunakan.
  2. Perbanyak teman yang bersifat positif. Semakin sering Anda bergaul dengan mereka, maka aura positifnya akan menempel. Jika lingkungan Anda semuanya bersikap positif, maka lebih mudah bagi Anda untuk menjaga sikap positif. 
  3. Pelajari impian Anda. Semakin Anda mengenal lebih dalam semakin tinggi semangat Anda untuk meraihnya. 
  4. Tetap berpikiran positif. Jaga pikiran positif Anda, hal ini akan sangat membantu ketika rintangan menghadang. Ingat! Kegagalan atau rintangan adalah cara kita mengetahui ada sesuatu yang salah, bukan tanda Anda harus menyerah.
  5. Bertindaklah segera. Dalam melangkah untuk menuju impian Anda terkadang banyak perhitungan untuk melakukannya. Tapi ingatlah ada langkah yang harus Anda lakukan segera tanpa perlu berpikir lama.
  6. Perhatikan diri Anda. Buat catatan mengenai kapan Anda merasa sangat dan kurang termotivasi. Pelajari polanya dan ikuti pola yang membuat Anda paling termotivasi.
  7. Catat setiap kegiatan. Akan lebih mudah untuk menjaga motivasi Anda jika Anda mencatat langkah-langkah yang telah dilakukan dan hasil yang telah dicapai. Pada saat merasa kecewa, lihat kembali catatan Anda perhatikan sudah berapa jauh Anda melangkah dan hasil apa yang telah dicapai dan berapa lagi yang harus Anda raih.
  8. Motivasi orang lain. Langkah ini penting karena selain membantu orang disekitar Anda termotivasi, Anda juga akan terinspirasi untuk tetap termotivasi dan mempertajam cara Anda memotivasi diri.

Terapkanlah langkah-langkah di atas! Raih impian Anda. Semakin cepat memulai, semakin cepat pula hasil yang dapat terlihat.

(Berbagai sumber)

SHARE