Filateli, Hobi Terpopuler di Dunia

0
82

.Filateli adalah suatu hobi mengumpulkan perangko dan benda-benda pos lainnya seperti sampul hari pertama. Orang yang menggemari filateli disebut filatelis.

Tahun 1841, London Times memuat iklan baris paling tidak biasa, yaitu seorang wanita tertarik untuk membuat kertas dinding di kamar tidurnya dari perangko. Wanita ini lalu menjadi filatelis pertama. Selanjutnya jutaan orang di dunia menggemari mengkoleksi perangko, tetapi bukan untuk dibuat menjadi kertas dinding.

Satu tahun sebelumnya, 1840 atas usulan Sir Rowland Hill, Inggris mengeluarkan perangko pertama di dunia “Penny Blacks”, yang bergambar wajah Ratu Victoria.

Sedangkan di Indonesia perangko pertama terbit di bawah pemerintahan Hindia Belanda. Berwarna merah dan menampilkan gambar Raja Willem III dengan harga 10 sen.

Mengumpulkan perangko adalah hobi termurah dan termudah sepanjang masa. Yang perlu dilakukan hanya, melepaskan perangko dari amplopnya secara hati-hati dan menyimpannya dalam album untuk menjaga dari kerusakan.

Banyak orang yang menggemari hobi ini bahkan organisasinya pun tersebar di penjuru dunia. Mengapa hobi ini menjadi yang terpavorit? Satu perangko bisa seharga 1 – 25 sen, yang paling mengagumkan 1 sen perangko bisa berlipat nilainya di 50 tahun ke depan bisa menjadi $100.000. Bahkan bisa melejit sampai $2.000.000 untuk satu perangko. Jadi siapa yang tidak tertarik untuk mengkoleksinya.

Setiap perangko mempunyai sejarah, seperti: Cerita dibalik gambarnya, mengenai tempat pembuatannya, atau mungkin cerita lainnya. Tantangan dari hobi ini yaitu menjaga perangko dalam kondisi bagus, yang nanti nilainya bisa berlipat ganda. Namun tidak hanya itu saja, hal lainnya seperti: tingkat kelangkaan dan umur perangko juga diperhatikan.

Perangko termahal di dunia dicetak di Swedia tahun 1855 yaitu The Treskilling Yellow dan sekarang nilainya sekitar $2.3 juta. Sedangkan di Indonesia perangko termahal dicetak tahun 1864 yang bergambar Raja William harganya diperkirakan bisa mencapai puluhan juta rupiah. Sebagai contoh, perangko Pos Militer Surakarta yang hanya dicetak 50 lembar diterbitkan tahun 1948 dengan harga ratusan rupiah, sekarang bernilai sekitar Rp. 40 juta rupiah.

Ayo mulai dari sekarang, siapa tahu 50 puluh tahun yang akan datang menjadikan Anda jutawan.

(Berbagai sumber)

SHARE