Mendalami 'Ilmu' Tentang Emas

0
54

.Tergila-gila pada emas akan membuat Anda bertanya-tanya, apa dan bagaimana sebenarnya logam ini? Ghiboo mempunyai beberapa fakta menarik seputar emas. Keep reading!

Koin emas Double Eagle 1993 terjual pada lelang rumah Sotheby di New York tahun 2002. Koin tersebut menelurkan sebuah rekor baru, karena menjadi koin termahal di dunia dan terjual seharga $7,95 juta. Sebelumnya, koin berada di tangan raja Mesir, yang kemudian ditemukan oleh agen-agen rahasia (baca: secret service agent) New York yang sedang berada dalam penyamaran.

Sejak ditemukan pertama kali, emas sudah mulai mengalami daur ulang, mengingat nilainya yang sangat tinggi. Bisa saja, perhiasan, cincin kawin, anting-anting, kalung, atau gelang Anda mengandung unsur emas yang pernah ditambang pada masa prasejarah. Bahkan, mungkin emas yang ada di dalam perhiasan Anda tersebut dulu merupakan benda berharga dan mewah pada zaman kerajaan kuno. Setiap tahun emas didaur ulang minimal sebanyak 15% dari keseluruhan konsumsi yang dilakukan.

Satuan kemurnian emas dinamakan karat. Dalam bahasa Inggris disebut carat. Carat berasal dari kata carob. Biji carob pada awalnya digunakan untuk menyeimbangkan timbangan yang digunakan pada Oriental bazaar. Emas dapat dikatakan murni, bila mencapai 24 karat, layaknya sebatang emas utuh. Semakin panjang batang tersebut, semakin murni emas.

Berbicara tentang emas, Anda harus mengetahui mobil raja musik Pop, Elvis Presley. Kendaraan model Studz diproduksi 20 buah dalam setahun. Tidak tanggung-tanggung, Elvis memiliki tiga buah Studz. Belum selesai membuat kehebohan, Elvis membuat sensasi lagi. Roda kemudi, pinggiran pedal, asbak, dan pemantik api yang biasanya dilapisi krom, seluruhnya terbuat dari emas.

Everybody loves gold!

(Berbagai sumber)

SHARE