Piaggio NT3 Mobil Bermesin Motor

0
117

.Apa jadinya kalau produsen sepeda motor beralih perhatian untuk ikut serta memproduksi mobil? Seperti halnya yang dilakukan oleh Piaggio, produsen motor asal Italia ini memperkenalkan konsep minicar berpenumpang 3 orang yang diberi nama Piaggio NT3 pada ajang pameran Milan Motorcycle Show 2010.

Meski hanya berpenumpang 3 orang, NT3 dilengkapi dengan 4 buah pintu dan baru akan merambah pasaran dunia mulai 2013 yang akan datang. NT3 hadir untuk menghadapi gempuran Tata Nano dari India dan Maruti yang memiliki segmen harga sekitar 2.500 USD (sekitar 19 juta rupiah).

Kabarnya Piaggio NT3 akan dibekali mesin sepeda motor 200 cc serta optional 300 cc hybrida. Untuk produksi massal, NT3 akan dibuat di India. Uniknya lagi, komposisi supir dan penumpang menganut sistem 1-2 , dimana supir berada didepan sementara 2 penumpang berada dibelakang. Persis seperti posisi supir dan penumpang Bajaj ditanah air namun dalam dimensi yang lebih besar serta penampilan yang jauh lebih LUX daripada Bajaj roda 3.

Berbekal sumber tenaga yang sangat minim untuk menghela seluruh bobot kendaraan berikut penumpangnya, Piaggio NT3 ternyata mampu dihela hingga 80km/jam, tidak terlalu buruk juga. Toh NT3 memang diciptakan untuk mobilitas kerja dikawasan perkotaan yang padat agar mampu meliuk ditengah kemacetan dan bukan untuk adu kencang.

Untuk urusan konsumsi bahan bakar, NT3 terbilang cukup irit. NT3 mampu mencapai jarak tempuh 30km untuk 1 liter BBM. Setara dengan konsumsi BBM motor kelas 200 cc lainnya, namun dengan bobot kendaraan yang jauh lebih berat dari motor 200cc.

Keseriusan Piaggio untuk menyasar konsumen Tata Nano. Diaplikasikan pada NT3 dengan arsitektur spaceframe dengan crashbox.

(berbagai sumber)

SHARE