The Football, Koper Nuklir Presiden AS

0
150

.Presiden Barrack Obama sudah meninggalkan Indonesia, kemarin dan langsung bertolak ke Seoul, Korea Selatan untuk menghadiri rapat G20. Kedatangannya selama dua hari di Jakarta sempat membuat kesal warga karena keamanan yang super ketat. Ghiboo tidak akan membicarakan tentang kegiatan Obama selama berada di Jakarta, melainkan akan membahas tentang The Football, sebuah koper besi buatan Zero Halliburton yang selalu dibawa kemana pun sang penyuka sate dan bakso pergi.

Koper besi ini berguna bila pemerintahan Amerika menemui suatu kondisi darurat dan mengharuskan mereka untuk meluncurkan nuklir. Ada empat hal yang ada dalam Football, Buku Hitam yang berisi daftar rahasia lokasi-lokasi, sebuah folder sebanyak delapan hingga sepuluh halaman panduan Emergency Broadcast System, dan kartu berukuran 3×5 inci dengan kode rahasia. Ukuran Buku Hitam tersebut 9×12 inci dan memiliki 75 halaman yang dicetak dengan tinta hitam dan merah. Disana ada informasi bagaimana tingkat nuklir yang ingin diluncurkan: “Mentah, Medium, Matang”. Sedangkan buku dengan isi lokasi adalah informasi tempat aman presiden untuk keadaan darurat.

Berat koper ini sekitar 17 kg, ada antena yang tampak dekat pegangannya dan selalu dibawa oleh tentara yang selalu mendampingi sang presiden kemana pun dia pergi.

Presiden tidak bisa menggunakanya sendiri, harus mendapatkan izin dari Panglima Militer tertinggi. Setelah menekan tombol yang diinginkan, maka antena akan mengirimkan sinyal ke satelit dan menghubungi Pusat Kendali Militer Nasional untuk penyerangannya.

Zero Halliburton adalah perusahaan pembuat tas dan koper perjalanan dari besi, umumnya terbuat dari aluminum. Awalnya adalah sebuah pabrik bernama Zierold Company yang pada tahun 1946 berubah namanya menjadi Zero Corporation. 29 Desember 2006, Zero Corporation menjual divisi konsumennya kepada ACE Co. Ltd, sebuah pabrik koper dari Jepang. Hari ini, Zero Halliburton dimiliki penuh oleh ACE Co. Ltd dari Osaka dan Tokyo.

(Berbagai sumber)

SHARE