Cara Mudah Turunkan Berat Badan

0
39

.Bagi Anda yang tidak mau direpotkan dengan diet ketat dan olahraga teratur, tetapi ingin tetap menurunkan berat badan, berikut tipsnya:

1. Konsumsi Almond
Kacang almond secara ajaib dapat mengurangi timbunan lemak disekitar perut Anda. Penelitian yang dilakukan King’s college, London menyebutkan bahwa kandungan lemak dalam almond tidak sepenuhnya dicerna oleh tubuh, sisa lemak ini dapat membuat lemak-lemak lain dari makanan yang kita konsumsi tidak terserap langsung dalam tubuh.

2. Konsumsi makanan berserat
Mulailah mengkonsumsi makanan yang mengandung serat seperti apel, buah citrus, nasi merah, kacang-kacangan dan salad dalam menu sehari-hari Anda, karena makanan jenis ini akan menjaga stabilitas kadar gula darah dalam tubuh. Cara ini membantu Anda mengontrol rasa lapar dan menjaga proses pembakaran lemak dalam tubuh tetap bekerja dengan baik.

3. Konsumsi buah secara tepat
Buah dan sayuran sangat dianjurkan dalam program diet, dan Anda harus mengetahui kapan timing yang tepat untuk memakannya. Konsumsilah buah sebelum Anda melahap makanan berprotein tinggi. Selain dapat mencegah kembung, Anda juga akan merasa kenyang lebih cepat, sehingga Anda dapat mengurangi potensi masuknya asupan lemak berlebih ke dalam tubuh Anda.

4. Buy blue plates
Percaya atau tidak, makan dengan menggunakan piring berwarna biru bisa mengurangi jumlah asupan kalori yang masuk kedalam tubuh Anda. Sebuah penelitian yang dilakukan para ahli membuktikan, bahwa orang yang berada di ruangan berwarna biru, mengkonsumsi makanan 33 persen lebih sedikit dibandingkan mereka yang makan di ruangan berwarna merah atau kuning. Secara psikologis, warna biru bisa membuat makanan menjadi tidak menarik dilihat dan Anda akan cenderung untuk menghindarinya.

5. Tidur malam yang cukup
Usahakan tidur malam sebanyak tujuh jam atau lebih setiap harinya. Waktu tidur yang kurang akan membuat kondisi Anda menjadi tidak fit dan secara otomatis akan menurunkan hormon leptin dan gherlin yang berfungsi mengatur keseimbangan energi dalam tubuh. Dengan berkurangnya hormon ini, tubuh Anda akan lebih cepat merasa lapar dan tentu saja hal ini akan merusak semua program diet Anda.

6. Matikan TV saat makan
Para peneliti di Belgia menemukan fakta bahwa sebanyak 71 persen orang memiliki kecenderungan makan lebih banyak saat makan sambil menonton acara televisi. Hal ini dikarenakan Anda tidak fokus pada apa yang sedang Anda makan dan makanan akan secara deras meluncur kedalam perut Anda.

7. Minum teh hijau
Meminum teh hijau secara rutin dapat melancarkan metabolisme tubuh Anda. Menurut American Journal of Clinical Nutrition, teh hijau memiliki kandungan yang disebut ECGC, yang dapat meningkatkan fungsi thermogenesis (tingkat pembakaran kalori) tubuh dari kisaran normal delapan persen menjadi 35 sampai 45 persen. selain itu teh hijau juga dapat mengatur kadar gula darah dan meningkatkan tingkat oksidasi lemak, sehingga Anda dapat menahan rasa lapar dan proses pembakaran lemak dalam tubuh pun dapat bekerja secara maksimal.

8. Leave a mess
Mungkin ini akan membuat Ibu atau pasangan Anda menggerutu, tapi cara ini cukup ampuh untuk menahan nafsu makan Anda. Penelitian yang dilakukan Cornell University menyebutkan bahwa Anda akan kehilangan nafsu makan Anda, saat Anda menyadari betapa banyaknya makanan yang telah Anda habiskan dari piring bekas makan Anda yang masih berserakan di atas meja. Perut Anda memerlukan waktu sekitar 20 menit untuk mengirim sinyal ke otak dan mengatakan “saya sudah kenyang”

Semoga bermanfaat

(Men’s Fitness, Mei 2010)

SHARE