Tirai Memberi 'Nyawa' Baru ke Dalam Rumah

0
32

.Arsitektur rumah memang harus diperhatikan. Perabotan rumah tangga, warna cat dinding, dan interiror ruangan pun tak kalah penting. Coba amati keseluruhan ruangan dalam rumah Anda satu per satu secara detail. Adakah yang kurang? Ya, tirai.

Jangan anggap remeh kehadiran sebuah tirai di rumah Anda. Meski bersifat fungsional agar membatasi daya pandang orang-orang yang lalu lalang di depan rumah agar tidak bisa melihat ke dalam atau untuk menghalangi sinar matahari langsung masuk dan menusuk mata, tirai juga memiliki nilai estetika tinggi yang dapat membuat penampilan rumah Anda lebih ‘hidup’.

Jendela yang bentuknya biasa-biasa saja bisa sangat terbantu dengan adanya tirai cantik menghiasi. Bayangkan diri Anda duduk minum teh di pojok sebuah ruangan dekat jendela. Tirai yang indah akan membuat Anda betah berada di tempat tersebut dan menarik Anda untuk memandangi jendela dan mengetahui pemandangan apa yang ‘tersembunyi’ di balik jendela.

Jendela bertirai yang terletak di ruang tamu dapat membuat banyak tetangga terkagum-kagum dan iri dengan ‘kesempurnaan’ sebuah ruangan hanya dengan sedikit sentuhan yang dihasilkan tirai tersebut. Siapa bilang tirai tidak memegang peranan penting dalam interior rumah?

Saat luang, pikirkan bahan apa yang cocok dan terbaik untuk digunakan sebagai tirai di rumah Anda. Terdapat banyak jenis tirai yang bisa Anda pilih, modern, Victorian, minimalis, klasik, dan masih banyak lagi.

Sebelum membelinya, tentukan terlebih dulu model yang tepat untuk aura dan atmosfer yang ingin Anda ciptakan dalam ruangan. Apakah Anda ingin menampilkan dan menonjolkan sebuah keindahan, perasaan antusias, suasana santai, atau kesan privasi? Tidak mungkin, kan, Anda membeli tirai berbahan tipis, transparan, dan berwarna terang muda, sedang yang Anda inginkan adalah lebih banyak privasi dalam keluarga dari intipan para tetangga?

Transparan, velvet, berenda, sutra, bermotif polos, atau tirai cetak, semua bisa dijadikan bahan pertimbangan. Untuk tiap jendela yang berbeda, Anda bisa memasangkan tirai yang berbeda pola pula. Sebuah tirai dapat memunculkan aura dan semangat baru di tengah-tengah keluarga.

Untuk kamar tidur anak, ada baiknya memilih tirai yang cerah ceria dan berwarna-warni. Berbeda dengan kamar tidur utama Anda dan pasangan. Gunakan tirai penambah suasana romantis, sedang tirai berkesan dramatis dapat dipasang di ruang makan.

Tidak lupa, perhatikan warna cat dinding. Serasikan dan sesuaikan warna dinding dengan warna tirai tersebut. Keharmonisan harus tetap dijaga. Hindari memasang tirai berwarna terang shocking pada ruangan berwarna gelap. Masukkan tirai yang memiliki warna menyerupai dinding, jangan warna yang berlawanan.

Segera buang tirai usang Anda dan buat mata kembali segar dengan tirai baru.

(Berbagai sumber)

SHARE