Artefak Canggih Manusia Ribuan Tahun Lalu

0
39

.Semakin tua umur sebuah benda, semakin antiklah dia. Semakin antik dia, semakin tinggilah nilai sejarahnya. Apa Anda termasuk salah satu orang yang gemar berburu benda antik atau bahkan artefak?

Berikut adalah beberapa artefak yang cukup membuat pertanyaan. Bukan berupa vas atau patung pada umumnya. Artefak yang satu ini bisa dibilang cukup modern. Baterai Baghdad. Ya, baterai asli Baghdad ini diperkirakan berumur 2000 tahun!

Dalam perangkat ini terdapat kapal tanah liat setinggi  5-1/2 inci. Sebuah silinder tembaga ditempatkan di sana dengan aspal, yang di dalamnya ditemukan batang besi teroksidasi. Ditemukan di reruntuhan desa Parthian, baterai Baghdad ini cukup diisi dengan asam dan cairan alkaline untuk memproduksi muatan listrik. Baterai kuno ini diyakini digunakan untuk menyepuh benda dengan emas.

Selain baterai Baghdad, satu lagi artefak yang dapat membuat Anda berpikir, bahwa teknologi dan kehidupan modern telah ada pada kehidupan manusia masa lalu. Artefak ini merupakan benda antik hasil kebudayaan Mesir Kuno dan Amerika Tengah. Bentuknya menyerupai pesawat modern masa kini. Artefak berbentuk pesawat ini ditemukan di sebuah kuburan di daerah Saqquara, Mesir tahun 1898.

Benda ini memiliki panjang enam inci dan merupakan model pesawat pertama kali di dunia. Badan ‘pesawat’ dilengkapi dengan kedua sayap di kanan dan kiri, serta ekor di belakang. Dari bentuknya, para ahli meyakini, bahwa benda tersebut dulu benar-benar bisa terbang. Berumur sekitar 1000 tahun, artefak berbentuk pesawat terbang ini ditemukan di Amerika Tengah. Terbuat dari emas dan hampir menyerupai bentuk pesawat miniatur sayap ‘delta‘ dan Space Shuttle. Lebih anehnya lagi, di dalam badan pesawat ditemukan sebuah miniatur menyerupai kursi pilot!

Mungkinkah manusia masa lampau sebenarnya lebih pintar dari yang sekarang?

(Berbagai sumber)

SHARE