Wisata Hijau Taman Nasional Tanjung Putting

0
29

.Baru-baru ini Taman Nasional Tanjung Putting yang terletak di Provinsi Kalimantan Tengah terpilih sebagai penerima Citra Pesona Wisata / CIPTA Award tahun 2010, mengalahkan 14 tempat wisata alam lainnya. Penilaiannya sendiri terutama didasarkan pada prestasi dan kemampuan para pengelola dalam menjadikan suatu daerah sebagai tempat wisata yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan dengan memperhatikan aspek lingkungan, ekonomi dan sosial budaya.  

Taman Nasional Tanjung Puting yang memiliki luas sekitar 405 ribu hektar ini merupakan salah satu kawasan konservasi yang sangat vital dalam melindungi satwa langka, terutama Orangutan, Bekantan, dan Owa-owa. Taman wisata ini juga menjadi rumah bagi berbagai spesies mamalia seperti macan tutul, beruang madu, rusa sambar, kijang, kancil, babi hutan, ikan duyung, lumba-lumba, serta berbagai jenis reptilia seperti buaya dan ular piton, dan spesies burung sindang lawe yang merupakan salah satu spesies hewan paling langka di dunia.

Keseriusan pihak pengelola dalam melestarikan kekayaan alam daerah ini bahkan telah menarik perhatian artis cantik peraih Oscar, Julia Roberts, yang datang beberapa hari untuk menjelajahi hutannya yang indah dan tentu saja bermain dengan Orangutan penghuni suaka alam ini. Meskipun telah dikunjungi Julia Roberts dan meraih CIPTA Award dari Kementrian Pariwisata Indonesia, bukan berarti pihak pengelola hutan yang telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai kawasan paru-paru dunia ini bisa bernafas lega. Saat ini mereka masih harus berjuang mempertahankan keasrian dan kekayaan alam dari praktik ilegal logging, berbagai penambangan liar, dan pembakaran hutan untuk keperluaan berladang penduduk sekitar.

(Berbagai sumber).

SHARE