Debit atau Kredit?

0
42

.Akhir-akhir ini semakin banyak orang yang menggunakan kartu debit sebagai metode pembayaran karena berbagai alasan seperti: kartu debit menawarkan akses cepat untuk mendapatkan uang tunai, nyaman digunakan seperti kartu kredit, dan tidak datang dengan tambahan berbagai promo serta godaan yang hanya akan menambah bengkak pengeluaran. Tidak mengherankan kalau saat ini lebih banyak orang yang menggunakan kartu debit dibandingkan kartu kredit.

Namun, tak selamanya kartu debit itu selalu menjadi pilihan terbaik, terutama saat bepergian. Berikut adalah beberapa alasan mengapa kartu kredit bisa menjadi pilihan yang lebih aman, terutama ketika sedang dalam perjalanan.

1. Kartu debit kurang menawarkan perlindungan keamanan dari pencurian dan kloning. Kalau misalnya si pelaku mengetahui akses menuju rekening anda, maka kemungkinan besar dia akan menguras semua isinya. Sebaliknya, berdasarkan pasal dalam The Fair Credit Billing Act (FCBA), pemilik kartu kredit hanya akan dibebani tagihan sebesar $50 atas penggunaan kartu kredit tanpa sepengetahuan pemilik asli.

2. Ketika anda habis berbelanja borongan dan memaketkan barang belanjaan anda ke rumah, maka ketika barang tersebut hilang, dicuri atau tidak pernah sampai, Anda dapat menghubungi perusahaan kartu kredit Anda untuk menutupi kerusakan. American Express, misalnya, akan memperbaiki, mengganti atau membayar untuk apa pun sampai $ 1,000 per kejadian, maksimal $ 50.000 dalam 1 tahun. Namun SEBELUM melakukan perjalanan sebaiknya  Anda memastikan terlebih dahulu bahwa kartu kredit yang anda miliki menyediakan jenis perlindungan semacam ini atau tidak.

Meskipun kartu kredit terdengar lebih unggul dibanding dengan kartu debit, namun ada kalanya kartu debit bisa menjadi pilihan yang tepat.

1. Anda tidak memiliki akses terhadap mimpi buruk bernama tagihan dan jeratan hutang kartu kredit.

2. Kalau Anda termasuk dalam kelompok orang yang boros dan kurang bisa mengatur keuangan, maka kartu debit adalah jalur yang tepat. Ketika uang di rekening Anda kosong, maka kosong pula harapan Anda untuk membeli barang yang anda inginkan, seindah dan semurah apapun bentuknya. Sisi buruknya paling-paling Anda hanya akan merasa sedih karena keinginan Anda tidak tercapai, sisi baiknya Anda terbebas atas biaya tambahan dan bunga yang harus anda bayar seandainya Anda tidak kuat godaan dan nekat menggesekkan kartu kredit Anda.

3. Kartu debit memberikan akses bagi Anda untuk melakukan penarikan uang dari ATM, yang berarti Anda tidak perlu membawa segepok uang kemana-mana. Plus, kartu ATM dapat memberikan nilai tukar mata uang yang lebih menguntungkan jika Anda sedang bepergian ke luar negeri.

(Berbagai sumber).

SHARE