Nostalgia Kamera Digital

0
33

.Seringkali Anda mengagumi foto hasil karya seorang fotografer. “Gambar terasa hidup,” pikir Anda. Mungkin hal itu disebabkan kecaggihan kameranya? Memang benar. Kamera digital yang digunakan berjasa besar terhadap keindahan foto yang Anda hasilkan.

Kepada siapa Anda harus berterimakasih atas ‘kelahiran’ alat seni mengagumkan tersebut? Kamera digital pertama diciptakan hampir 30 tahun lalu (1980). Ukurannya sangat besar dan beratnya melebihi empat kilogram.

Penemunya, siapa lagi jika bukan bapak Eastman Kodak, seorang insinyur terkenal saat itu. Kamera Kodak merekam berbagai gambar berbeda dalam sebuah kaset dengan resolusi yang jauh di bawah resolusi-resolusi kamera yang bisa Anda dapatkan sekarang,

Tidak berselang jauh, tahun 1981, dunia hangat akan penemuan baru sebuah kamera tangan elektronik. Kamera ini langsung menjadi populer dengan nama Sony Mavica. Sony Mavica menggunakan sinyal analog (bukan digital) untuk menyimpan gambar.

Sepuluh tahun berlalu, barulah kamera digital menjadi ‘raja’ di pasaran, yakni Fuji DS-1P. Kamera yang memiliki banyak permintaan di pasar untuk yang pertama kalinya ini memiliki muatan memori kartu sebesar 16 megabytes. Revolusi kamera digital pertama kali dimulai saat resolusi mega pixel diperkenalkan pada tahun 1990-an.

Berkat Kodak, Sony, dan Fuji, kini kamera menjadi salah satu ‘mainan’ yang paling dicari.

(Berbagai sumber)

SHARE