Tips Merawat Rambut Tetap Sehat 1

0
51

.Rambut Anda adalah mahkota dan menunjukkan siapa diri Anda. Rambut dapat meningkatkan personality seseorang dan merefleksikan kesehatan. Walaupun rambut rontok bukan penyakit membahayakan, tapi dapat membuat kurangnya percaya diri dan juga menunjukkan adanya masalah kesehatan lain.

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi rambut Anda, karenanya butuh perawatan intensif semenjak awal. Jika Anda mengabaikan perawatan rambut maka bisa menjadi rapuh dan pecah. Yang lebih serius lagi rambut Anda bisa rontok dan berketombe.

Penyebab kerontokan rambut menurut penelitian dapat dikarenakan faktor genetik, diet, kesehatan, kekurangan vitamin dan hormon, penggunaan pengering rambut terlalu sering, dan stres.

Kabar baiknya yaitu Anda dapat mengontrol beberapa faktor penyebab tadi. Walaupun tidak ada obat penyembuh rambut rontok secara permanen, tapi ada beberapa cara agar rambut terlihat sehat dan bersinar.

1. Lakukan diet sehat
Diet yang seimbang yang berisi semua vitamin dan mineral penting dapat membantu meminimalkan kerontokan rambut. Tambahkan juga sayuran hijau, gandum, sereal, telur, kurma dan kismis sebagai makanan harian Anda.

Karena rambut terbuat dari protein, makan makanan yang mengadung banyak protein. Selain itu kulit kentang, mentimun, paprika hijau dan merah mempunyai kandungan silica yang tinggi sehingga bagus untuk menjaga kekuatan dan keindahan rambut.

Konsumsi vitamin E dapat membantu pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan. Rambut rontok bisa juga disebabkan karena disfungsi tiroid. Karenanya Anda harus memakan makanan yang mengandung banyak vitamin A dan iodine.

2. Membersihkan secara rutin
Membersihkan rambut tergantung dengan tipe rambut Anda. Secara umum rambut berminyak harus lebih sering dicuci daripada rambut kering. Beberapa mungkin butuh dicuci setiap hari sedangkan yang lain cukup dua kali seminggu. Jangan pernah menggunakan air yang terlalu panas atau dingin untuk mencuci rambut dan ketika membersihkan dan memijat kulit kepala, lakukan dengan lembut dan gunakan ujung jari.

3. Gunakan sisir yang sesuai
Pilihlah sisir dengan gigi yang jaraknya lebar dan selalu menyisir ke arah bawah untuk menjaga agar Anda tidak mematahkan rambut. Sisir kayu atau sisir dari tempurung kura-kura (tortoise shell comb) lebih baik daripada sisir karet. Hindari menyisir saat rambut basah. Rambut berada pada titik lemahnya saat basah.

Bersambung ke artikel Tips Merawat Rambut Tetap Sehat 2

(Berbagai sumber)

SHARE