TV Portable Pertama Sony

0
39

.Suatu ketika di tahun 1959, Pendiri Sony Masaru Ibuka mempunyai impian membuat transistor TV. Tentu saja hal ini beralasan, karena Jepang sudah berhasil membuat transistor radio empat tahun sebelumnya, target selanjutnya adalah transistor TV. Saat Ibuka sedang memimpikannya, para teknisinya sedang menggarapnya dimana kemudian menjadi kenyataan.

Tentu saja membuat transistor TV tidak semudah membuat transistor radio, tapi berkat kerja keras tim Sony setahun sebelumnya, 1958, impian tersebut semakin dekat menjadi kenyataan.

Impian menjadi kenyataan bila ada yang memimpikannya. Tampaknya pepatah tersebut benar adanya. Prototip TV berhasil diselesaikan pada bulan April dan tanggal 25 Desember 1959, impian Ibuka menjadi kenyataan. Sony mengumumkan peluncuran perdana TV Sony. TV8-301 seukuran 8 inci ini membawa Sony masuk ke bisnis TV pada bulan Mei 1960.

Saat sedang proses pembuatan tersebut, sekelompok periset pasar yang mewakili pabrikan TV di Amerika mengunjungi Jepang. Ibuka bertanya kepada mereka bagaimana prospek ke depannya mengenai TV kecil dan mereka menjawab pasti gagal.

Itulah perbedaan cara pandang pasar Jepang dan Amerika, ketika Amerika menciptakan produk berdasarkan pangsa pasar, Jepang, khususnya Ibuka yakin bahwa pasar dapat dibentuk dengan kehadiran suatu produk. “Saya sangat yakin bahwa produk baru pasti menciptakan pasar baru”, kata Ibuka.

Pernyataannya bukan omong kosong, karena ketika Sony memasarkan TV5-303 di Amerika pada tahun 1962 -ukurannya lebih kecil daripada TV5-301- laku keras.

(Berbagai sumber)

SHARE