Tips Merawat Rambut Tetap Sehat 2

0
23

.Langkah keempat dan selanjutnya untuk merawat rambut tetap sehat sebagai berikut:

4. Keringkan rambut Anda
Jika memungkinkan keringkan rambut Anda secara alami. Hindari penggunaan hair dryer karena panasnya dapat merusak rambut.

5. Gunakan sampo dan kondisioner
Selalu gunakan sampo dengan formula yang sederhana dan biasanya harganya pun lebih murah dan lebih efektif. Ingatlah, sampo bertujuan untuk membersihkan kotoran dan minyak. Gunakan juga kondisioner yang bagus setelah  bersampo tapi jangan sampai berlebih.

6. Pakailah kondisioner yang bagus
Kondisioner dapat melindungi rambut Anda dari perubahan suhu secara tiba-tiba ketika mengunjungi pantai atau berenang. Cari kondisioner yang efektif yang dapat melindungi dari sinar matahari, klorin dan air laut. Anda juga perlu menggunakan topi agar terlindung dari sinar matahari berlebih dan polusi.

7. Pilih gaya rambut yang sesuai
Banyak cara untuk mendandani rambut yang sesuai dengan gaya Anda sekaligus secara signifikan meningkatkan kepribadian. Pilihlah yang paling nyaman.

8. Hindari penggunaan bahan kimia
Bahan kimia keras dalam pewarna rambut dan pengkritingan rambut berdampak pada kesehatan dan pertumbuhan rambut. Oleh karenannya harus dihindari pewarnaan rambut lebih dari sekali dalam 2-4 bulan dan perhatikan juga tipe rambut Anda.

9. Hentikan konsumsi alkohol dan rokok
Berhenti merokok, minum alkohol dan hindari penggunaan produk untuk rambut yang mengandung alkohol karena hal tersebut dapat menyebabkan rambut menjadi kering, rapuh, dan rusak.

10. Ketahui pola tidur Anda
Pola tidur dapat mempengaruhi umur dan kesehatan rambut. Tidur yang gelisah atau banyak bergerak dapat menyebabkan rambut patah. Jadi jika Anda termasuk kategori tidur seperti ini, maka gunakanlah bantal dari satin yang dapat membuat rambut Anda bergerak lebih lembut sehingga mengurangi jumlah rambut patah. Sebelum tidur singkirkan penjepit dan benda lainnya dari rambut dan sisirlah secara lembut.

Semoga bermanfaat.

(Berbagai sumber)

SHARE