Vespa PX 2011, Kembalinya Legenda Italia

0
52

.Demam Klasik kembali mewabah. Setelah sekian lama disuguhi begitu banyak kendaraan yang futuristik dan canggih, para pecinta Vespa boleh berlega hati dengan rencana kembalinya Sang Legenda Vespa PX oleh pabrikan Piaggio Italia.

Seperti dilansir oleh scooteringusa.com, Vespa PX edisi 2011 ini akan diluncurkan pada kwartal pertama 2011 untuk pasaran Eropa. Masih tetap dengan formasi dapur pacu 2-tak transmisi manual 4 kecepatan. Sedikit perubahan nampak pada sektor pengeraman yang telah menggunakan perangkat cakram sebagai penghenti laju.

PX pertama kali hadir pada era 70-an, tepatnya ada tahun 1977. Kali ini PX tidak lagi menggunakan jok model two pieces, melainkan model one-pieces yang memanjang. Pilihan mesin yang tersedia adalah 2-tak 125 cc dan 150 cc.

Para desainer Vespa nampaknya tidak gegabah untuk menelurkan kembali unit PX tanpa perubahan yang berarti, karena itu sama saja dengan melakukan hal yang sia-sia. Menyiasati ketatnya standar emisi Euro3, pihak Piaggio telah merancang ulang sistem pembuangan dan suplai bahan bakar agar Vespa PX 2011 ini lolos dan layak menembus pasaran Eropa.

Kalau dulu Vespa identik dengan Klakson yang sember dan Lampu yang redup, PX 2011 telah dilengkapi dengan lampu standar menggunakan bohlam Hallogen yang terang. Perubahan lain nampak pada perangkat speedometer yang lebih manis dan fungsionil.

Sebagai ikon legendaris Italia, Vespa PX 2011 ini tidak terlalu banyak mengalami perubahan pada penampilan. Kabarnya Vespa PX ini akan dilego dengan harga US$ 4.200 (sekitar Rp. 37,8 juta).  Hmm, kira-kira penggila Vespa di Tanah Air akan bersedia apa tidak yah untuk membelinya?

(ghiboo)

SHARE