Chateau du Champ de Bataille, la douceur de vivre…

0
32

.Chateau du Champ de Bataille adalah sebuah kastil bergaya Barok yang dibangun pada abad ke 17 untuk Marquis Alexandre de Crequy-Bernieulle, salah satu pejabat istana yang sangat dekat dengan raja Louis XIV.

Kastil yang terletak di daerah Haute-Normandie, Perancis, ini pernah menjadi benteng pertahanan perang, tempat penampungan tawanan perang, penjara wanita, hingga akhirnya di beli dan direnovasi oleh the Duke of Harcourt pada tahun 1947 dan kemudian dijual pada Jacques Garcia, pemilik sah saat ini.

Di tangan Jacques Garcia lah Chateau du Champ de Bataille kembali mekar dan mempertontonkan keelokannya sebagai salah satu rumah paling megah dan paling mewah di daerah Normandia. Nama Jacques Garcia sudah sangat terkenal sebagai seorang arsitek asal Prancis yang juga ahli dalam hal desain interior dan mendesain taman, dan tak mengherankan kalau banyak hotel dan restoran mewah yang jatuh hati pada desainnya yang kontemporer.

Bangunan Chateau du Champ de Bataille sendiri merupakan gabungan dua buah kastil yang dihiasi taman yang sangat luas dan sangat indah, lengkap dengan kolam dan air mancur. Sebagai pencapaian atas kreasi dan selera seninya, Menteri Kebudayaan Perancis mencantumkan taman karya Jacques Garcia ini dalam daftar the Notable Gardens of France. Bagian dalam kastil ini juga tak kalah indah. Salah satunya yang paling terkenal adalah salon d’Hercule, sebuah ruangan luas yang dihias dengan sangat mewah. Dominasi marmer, warna gold dan merah menghasilkan efek yang luar biasa megah, memberikan gambaran tentang kehidupan era Louis XIV yang terangkum dalam istilah la douceur de vivre.

(Berbagai sumber).

SHARE