Di Swedia, Berdansa Bersama ABBA

0
36

.Lukisan tersebut adalah karya Carl Gustaf Hellqvist ditahun 1882 yang berjudul Valdemar Atterdag brandskattar Visby atau Valdemar Atterdag holding Visby to ransom. Ini merupakan gambaran tentang kisah Valdemar Atterdag alias Raja Valdemar IV dari Denmark yang menawan kota Visby di Swedia. Kisah ini diawali dengan tersiarnya kabar bahwa warga kota Visby suka menyanyikan sebuah lagu untuk mengejek Raja Valdemar. Mendengar kabar tersebut, sang raja marah dan kemudian menggalang armada perangnya untuk menyerbu kota ini di tahun 1361. Setelah berhasil menaklukkan kota Visby, sang raja menaruh 3 tong besar di tengah kota dan mengancam akan membumi hanguskan kota Visby kalau dalam 3 hari tong-tong itu tidak terisi penuh dengan emas dan perak Visby. Bahkan sebelum datang tengah malam hari pertama, ternyata 3 tong itu sudah penuh terisi harta benda kota Visby. Itulah sepenggal kisah yang menceritakan tentang kota Visby, sebuah kota bersejarah di Swedia yang diangkat oleh UNESCO sebagai a World Heritage Site dengan gelar the best-preserved medieval city in Scandinavia.

Selain keindahan kota tua Visby, Swedia juga terkenal sebagai salah satu negara pemasok beberapa nama artis Hollywood paling terkenal di era-nya. Ada Greta Garbo yang sosoknya sudah seperti leluhur bagi semua aktris Hollywood. Artis besutan Metro-Goldwyn-Mayer ini telah mewarnai Hollywood dari mulai zaman film bisu sampai era keemasan-nya. Ada juga Ingrid Bergman, pemeran Ilsa Lund yang menjadi lawan main Humphrey Bogart di film Casablanca. Kemudian ada Dolph Lundgren, aktor film laga yang terkenal sebagai musuh Jean-Claude Van Damme di film Universal Soldier, dan bintang Hollywood terbaru yang diimpor langsung dari Swedia adalah Alexander Skarsgard yang tahun kemarin sempat berperan sebagai pacar Lady Gaga di video klip Paparazzi dan sekarang sedang sukses berat dengan serial vampir sensasional True Blood.

Dari sisi ekonomi, Swedia terkenal sebagai salah satu negara industri yang kuat di daratan Eropa. Berdasarkan catatan The World Economic Forum 2009-2010, Swedia berada di posisi 4 dalam daftar negara dengan pertumbuhan ekonomi paling cepat di dunia. Selain itu Professor Richard Florida, yang merupakan ekonom handal dari Universitas Toronto, telah memasukkan Swedia dalam index negara dengan prospek ekonomi kreatif paling cerah di Eropa. Saat ini ada beberapa industri besar asal Swedia yang merajalela, antara lain perusahaan otomotif Volvo, perusahaan alat telekomunikasi Sony Ericsson, perusahaan peralatan elektronik rumah tanga Electrolux, dan tentunya IKEA dan perabotnya yang keren luar biasa. Dari dunia fashion, ada perusahaan retail H&M, label Bjorn Borg, ACNE, J. Lindeberg, WESC, dan Nudie Jeans yang menjadi idola anak muda di seluruh dunia.

Untuk urusan budaya, seni musik dari daratan Swedia selalu dipenuhi dengan nada dan vibrasi a la anak muda. Fenomena ini dimulai ketika di suatu masa hampir semua orang di seluruh dunia tak bisa lepas dari jerat disko ABBA dan single Dancing Queen-nya yang ceria. Kemudian ada duo Roxette yang sempat mengharu-biru dengan lagu sendu balada cintanya. Kemudian hadir juga group band The Cardigan dengan single Love Fool yang mewarnai hari-hari bahagia anak muda tahun 90-an, dan dilanjutkan dengan kehadiran generasi-generasi yang lebih muda, lebih segar dan lebih riang di lantai dansa seperti Robyn, Lykke Li, Jens Lekman, dan Peter, Bjorn and John.

Secara umum suhu udara di Swedia berbeda-beda, tergantung pada daerahnya. Swedia bagian selatan mempunyai suhu yang hangat di musim panas, berkisar dari 12 sampai 25 derajat Celcius, dan musim dingin yang beku dengan suhu antara -4 sampai 2 derajat Celcius. Daerah Swedia bagian utara suhunya lebih keji, dimana ketika musim panas durasinya lebih pendek dan udaranya lebih dingin, dan kalau datang musim dingin maka suhunya sungguh dingin luar biasa. Nah, untuk mengantisipasi hal buruk yang mungkin terjadi, pergilah ke Swedia di bulan Juni sampai Agustus karena ini merupakan waktu yang paling tepat untuk mengunjungi Swedia dan menikmati landskap kota Stockholm yang mempesona.

Sweden, oh, Sweden… up north, down to earth. Swedish!

(Berbagai sumber).

SHARE