Entropia: Klub Neverdie Terjual Rp.5,7 M di Dunia Maya

0
40

.Pernahkah Anda terpikir berapa harga item yang terjual melalui dunia maya, khususnya item dari game online? Adalah Entropia, sebuah game online MMORPG jagat maya dimana kita membangun dunia 3D sendiri. Mulai dari membangun gedung, hingga kota sesuai dengan selera Anda sendiri. Jon Jacobs, pria kelahiran Inggris berhasil menjual klub malam yang dia bangun di Entropia seharga $635 ribu (sekitar Rp. 5,7 milyar). Klab malam bernama Club Neverdie membuat para ahli tercengang, karena belum pernah ada sebuah item di game online laku terjual sebanyak itu.

Entropia sedikit mirip dengan Second Life, game-game tersebut mengajak pemainnya membangun komunitas online dimana mereka dapat membangun rumah, berteman dan bahkan berhubungan dengan pemain lain.

Klub malam Jacob tersebut terletak di tempat strategis Entropia di sebuah asteroid yang berputar di planet maya. Di dalamnya ada stadium, pusat perbelanjaan, dan bio-dome dimana Jacob menghasilkan $200 ribu/ tahun (sekitar Rp. 1,8 milyar) dari hasil penjualan layanan dan produk. Asteroidnya dibeli Jacob tahun 2005 seharga $100 ribu (sekitar 900 juta) dengan agunan rumah aslinya di dunia nyata.

Meskipun Jacob berhasil menjual item termahal di dunia maya, dia bukanlah yang pertama. Sebelumnya sudah ada seorang mahasiswa bersama ibunya asal Durango, Colorado, yang menjual gedung dan senjata di Entropia seharga $ 35 ribu (sekitar Rp. 315 juta) dan uang itu digunakan untuk membayar biaya kuliah saudara-saudaranya.

Jacob berencana menggunakan uang tersebut untuk menciptakan planet baru di Jagat Entropia dan bekerjasama dengan media tradisional termasuk para produser Hollywood.

Berbeda dengan sistem game online di Indonesia, pemain dilarang keras memperjualbelikan item-itemnya ke dunia nyata meskipun pada kenyataannya ada juga yang menjual tanpa restu dari publisher. Sedangkan di Entropia, mereka menggunakan sistem mata uang yang disebut Project Entropia Dollars (PED). Uang yang berlaku di dunia maya, dapat dikonversikan ke mata uang asli, tentunya dengan tarif yang berlaku.

Menurut majalah Forbes, transaksi penjualan Club Neverdie mengalahkan penjualan The Crystal Palace Space Station milik Eric “Buzz” Lightyear seharga $ 330 ribu (sekitar Rp. 2,97 milyar) pada tahun 2009.

(Berbagai sumber)

SHARE