Penemuan Anggota Baru Keluarga Sphinx di Mesir

0
47

.Sejarah panjang kota Mesir dan kekayaan budayanya yang misterius telah lama menjadi object of desire bagi para arkeolog dari seluruh penjuru dunia. Baru-baru ini sekelompok arkeolog menemukan 12 buah patung Sphinx di sepanjang jalan yang dikenal sebagai the Sphinx Alley, sebuah jalur yang menghubungkan kuil Karnak di Thebes dan kuil Luxor yang pada masa lalu merupakan sebuah jalan yang digunakan untuk pawai merayakan pernikahan Dewa Amun dan Dewi Mut. Jalan ini dianggap suci dan sangat dihormati, bahkan ketika bangsa Roma menduduki daerah Mesir hingga akhirnya direnovasi kembali atas perintah Ratu Cleopatra.

Penemuan 12 buah patung Sphinx ini menambah koleksi penemuan 850 patung lainnya yang diperkirakan berasal dari zaman kekuasaan Pharaoh Amenhotep III, raja Mesir yang luar biasa kaya. Para ahli sejarah percaya bahwa sebenarnya ada lebih dari 1300 patung dan artefak yang menghiasi the Sphinx Alley, namun hal ini susah dibuktikan mengingat proses penggalian situs arkeologi ini sangat menyita banyak waktu dan usaha terutama dalam mengurus proses perizinan penggalian karena lokasi yang berada tepat dibawah bangunan apartemen dan pemukiman penduduk.

Kalau Anda tertarik untuk mengunjungi the Sphinx Alley dan melihat penemuan-penemuan baru di lokasi ini, Anda bisa berkunjung ke Mesir sekitar bulan Februari 2011, waktu yang telah dipilih oleh pemerintah kota Mesir untuk memamerkan penemuan-penemuan terbarunya. Siapa tahu di sana nanti Anda bisa merayakan valentine di tengah atraksi dan prosesi perayaan pernikahan Dewa Amun dan Dewi Mut di the Sphinx Alley yang bersejarah.

(Berbagai sumber).

SHARE