Swedia Membuat TV Android Pertama di Dunia

0
49

.Hari ini pabrik pembuat TV Swedia mengklaim membuat TV Android pertama di dunia. Adalah People of Lava, sebuah perusahaan kecil swasta yang terletak di pesisir barat Swedia yang membuat TV yang diberi nama Scandinavia.

TV yang terhubung dengan internet seperti ini sudah pernah diproduksi oleh Samsung dan Philips, tapi ternyata TV produksi dua perusahaan tersebut hanya terhubung ke YouTube dan beberapa situs tertentu tanpa bisa browsing dan mengunduh, demikian kata CEO People Lava Christian Svantesson dalam sebuah wawancara.

TV ini dapat mengakses dunia maya mengakses Google Chrome, Facebook, YouTube dan Google Maps. Bahkan sudah ada aplikasi yang tersedia di Android Market, dimana Anda bisa mengunduh 20 aplikasi saat ini. Menurut Marketing Director Martin Ljunggren, akhir tahun ini akan bertambah aplikasi yang bisa diunduh dan digunakan di TV dan ponsel.

Memang TV tersebut belum menggunakan versi terbaru Android seperti Froyo, tapi masih menggunakan versi 1.5 yang dikenal dengan nama Cupcake. Bila Anda membeli TV tersebut, Anda juga mendapatkan remote control dan built-in keyboard.

Anda tahu Scandinavia terbuat dari apa? TV berukuran layar 55 inci layar datar ini berkomposisi batu bauksit dan mempunyai berat sekitar 40 kg. Berat ya? Selain itu Scandinavia juga tersedia dengan warna putih, hitam dan abu-abu. Responnya sangat baik ketika mengakses Google Maps dan YouTube. Pembeli harus merogoh kantong Rp. 55,3 juta untuk mendapatkan model 55 inci.

People of Lava hanya memiliki 20 orang pegawai kontrak dan dapat memproduksi hingga 50 ribu set TV/ tahun. Perusahaan Swedia tersebut mengharapkan omset Rp. 275 milyar dari penjualan TV Scandinavia pada tahun 2011 dari pasar Inggris dan Amerika dimana banyak konsumen yang tertarik dengan TV Android.

Svantesson mengatakan, untuk dapat menembuh pasar Amerika mereka membutuhkan dana yang sangat banyak, yaitu sekitar Rp. 130 milyar dan diharapkan ada investor yang ingin menanamkan modal kepada mereka. Jika People of Lava berhasil masuk ke pasar Amerika, hampir dipastikan mereka akan bersaing dengan raksasa dari Jepang, Sony, yang juga sedang meluncurkan TV Android.

Google sendiri juga telah mengeluarkan TV Android, tapi tidak sama dengan Scandinavia. Lebih tepatnya yang Google lakukan adalah membuat suatu perangkat tambahan yang dapat dihubungkan dengan TV yang sudah ada.

Tampaknya memang Android sedang menjadi fenomena, mari kita tunggu bagaimana perkembangannya di negeri kita tercinta Indonesia.

(Berbagai sumber)

SHARE