Ditemukan Planet Asing yang Sekarat

0
48

.Para astronom baru-baru ini menemukan sebuah planet yang sedang mengelilingi bintang yang sekarat. Menurut kabarnya, planet tersebut berasal dari luar galaksi Bima Sakti. Ukurannya 1,25 kali lebih besar dari Jupiter dan diyakini sebelumnya berasal dari sebuah galaksi cilik.

Bintang tersebut diberi nama HIP 13044 dan sedang menuju kehancurannya dan jaraknya adalah 2000 tahun cahaya dari Bumi kita tercinta. Para astronom menemukan planet sekarat ini dengan menggunakan sebuah teleskop di Chili. Para pemburu planet berpendapat, ada sekitar 500 planet yang disebut exoplanet dluar tata surya kita dengan menggunakan berbagai macam alat astronomi.

Galaksi yang termasuk dalam kumpulan Jalur Helmi ini dikatakan pernah menjadi bagian dari galaksi kerdil yang termakan oleh Bima Sakti antara 6-9 milyar tahun lalu.

Planet baru ini paling tidak memiliki 1,25 kali bobot Jupiter dan mengitari planet induknya dengan jarak orbit 16,2 hari.

Planet tersebut terdeteksi oleh tim dari Eropa dengan menggunakan teleskop MPG/ESO 2.2-m yang terletak di Chili. Sedangkan planet tersebut terletak di sisi selatan konstelasi Fornax.

Menurut para peniliti, planet tersebut tercipta di masa awal pembentukan tata surya dan menjadi bagian dari galaksi Bima Sakti.

Memang sudah banyak kabar yang mengatakan bahwa masih ada galaksi lain selain Bima Sakti. Di kitab suci pun sudah disinggung, tapi para ilmuwan begitu senang dengan penemuan tersebut karena mereka dapat melihat bukti konkrit dengan mata mereka sendiri.

(Berbagai sumber)

SHARE