In GOLD We Trust!!

0
20

.Emas adalah salah satu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol Au (berasal dari bahasa Latin aurum, mengacu pada warna semburat mentari di pagi hari) dan akan melebur dalam bentuk cair pada suhu 1000 derajat Celcius. Kilau emas yang untuk beberapa orang seringkali bikin mabuk dan jiwa bergetar ini dianggap sebagai salah satu benda paling berharga di dunia, investasi dari masa ke masa. Dan sepertinya tak ada tempat lain di dunia ini yang menggunakan emas sebagai ornamen penghias bangunan sebanyak dan semelimpah di Istana Versailles.

Kegilaan Raja Louis XIV akan kemewahan, kemegahan, dan keindahan diwujudkan dalam bentuk sebuah bangunan istana dan taman seluas hampir 7.795 hektar dan menjadikannya sebagai bangunan istana terbesar dalam sejarah seni arsitektur French Baroque dengan area cakupan lebih luas daripada kawasan Manhattan, bahkan kota Paris.

Istana yang aslinya adalah bekas pondok berburu milik mendiang Raja Louis XIII ini direkonstruksi oleh Louis XIV ditahun 1661 dan semenjak saat itu pengerjaan rancang bangun Versailles ditangani oleh arsitek-arsitek Prancis paling terkenal, seperti Louis Le Vau, Jules Hardouin-Mansart, Charles Le Brun, Robert de Cotte, Ange-Janques Bagriel, dan Andre Le Notre. Dibawah pengawasan Louis XIV, Versailles menjelma menjadi sebuah istana yang tak hanya sangat megah tapi juga sangat mewah dan tentu saja membutuhkan biaya perawatan yang tidak sedikit. Meskipun kita tak akan tahu secara pasti berapa jumlah uang yang telah dihabiskan untuk membuat istana seindah ini, namun sebuah informasi di salah satu buku terbitan McDougal Littell yang berjudul World History: Patterns of Interactions menyebutkan bahwa istana Versailes ini dibangun dengan dana kira-kira sebesar US$2 miliyar. Banyak pihak menyangsikan keakuratan datanya dan estimasi ini dianggap terlalu memandang rendah nilai Versailles. Maka beberapa pihak mengambil jalan lain dan memutuskan untuk menggunakan penghitungan aset dengan berpatokan pada harga jual emas dan perak per ons nya. Hitung punya hitung, biaya pembangunan istana Versailles ini ditaksir menghabiskan dana antara US$12 miliyar sampai US$299 miliyar. Sungguh sebuah angka yang  mempesona.

Cara lain yang bisa digunakan untuk mengetahui berapa harga Versailles sebenaranya adalah dengan melihat seberapa besar manfaat yang Prancis dapatkan berkat keberadaan istana megah ini. Tentu kita masih ingat kisah revolusi Prancis yang dahsayt itu. Dengan mengurung para bangsawan dalam sangkar emas Versailles, maka berakhir sudah periode aristokrat dan kesewenang-wenangan yang telah menjangkiti Prancis selama berabad-abad. Di luar sisi kelam dan kejahatan yang mewarnai Versailles, istana ini punya impact yang luar biasa bagi perkembangan seni dan arsitektur Eropa, karena memang sejak awal istana Versailles ini dibangun sebagai alat untuk memamerkan tingginya standar, cita rasa, seni dan keahlian orang Prancis, maka apa yang terjadi dan sedang trendy di Versailles bisa dipastikan akan segera merebak, menyebar ke seluruh penjuru Eropa.

Berkat kegigihan Pierre Verlet lah Istana Versailles bisa jadi seperti saat ini. Pierre dikenang sebagai the greatest expert on French furniture, dan sejak tahun 1960-an telah gigih mendata semua perabotan asli Versailles yang sebelumnya tersebar di berbagai musium, kediaman para pejabat, menteri, dan para duta besar, dan mengusahakan penarikannya untuk dikembalikan ke tempat aslinya di Istana Versailles. Hasil jerih payahnya ini kini menjadi ladang devisa yang mendatangkan berjuta-juta rombongan turis dan seniman dari seluruh penjuru dunia.

(Berbagai sumber)

SHARE