Kota Gelas Gelas Kaca, Murano Italia

0
78

.Dari semua daerah pengrajin gelas dan kaca di dunia, mungkin kota Murano di Itali adalah yang paling tenar.

Dulu kala di abad ke-7, kota Murano hanyalah sebuah kota pelabuhan kecil. Namun seiring waktu kota ini terus berkembang dan tiga abad kemudian kota ini telah berubah menjadi kota perdagangan yang sangat maju dan telah memiliki mata uang dan tata peraturan sendiri. Kemudian di tahun 1291, pemerintah Venesia memerintahkan semua pengrajin kaca dan gelas untuk pindah ke Murano karena kegiatan ini bisa mendatangkan malapetaka kebakaran bagi Venesia yang seluruh bangunan di kotanya rata-rata terbuat dari kayu. Lambat laun kota ini berubah menjadi kota penghasil produk gelas paling terkenal di seluruh penjuru Eropa. Lalu, apa sebenarnya yang membuat produk gelas dan kaca dari kota ini begitu istimewa? Karena pada saat itu hanya merekalah yang tahu bagaimana cara dan rahasia membuat kaca, kristal, gelas bersepuh emas, gelas warna-warni, dan berbagai bentuk kaca yang menyerupai batu berharga.

Namun lama-kelamaan sihir dan daya tarik gelas gelas kaca kota Murano mulai pudar bersamaan dengan munculnya berbagai daerah pengrajin kaca di Eropa, dan untuk saat ini tentu saja serbuan produk berlabel made in China.

Bagi Anda yang tertarik untuk singgah di kota penghasil produk gelas dan kaca indah ini, Anda bisa memulai petualangan Anda dengan mengunjungi the Museo del Vetro, sebuah bangunan tiga lantai yang mengapung di atas air dan menyimpan koleksi gelas dan kaca paling berharga yang bisa Anda temukan di kota ini. Kemudian lanjutkan perjalanan Anda dengan mengunjungi Basilica dei Santi Maria e Donato untuk melihat lantai berhiaskan mozaik yang sangat artistik serta lukisan Bunda Maria dan relik peninggalan Santo Donato dan legenda naga yang ia taklukkan. Yang tentu saja tak boleh anda lewatkan adalah berjalan-jalan di sepanjang kota Murano sambil melihat para pengrajin bekerja di bengkel kerja mereka, membuat aneka gelas dan kaca yang telah lama menjadi harta pulau kecil ini. Di akhir hari, tutuplah perjalanan singkat anda ke kota Murano dengan mencicipi berbagai menu di Busa Alla Torre, atau yang lebih populer dengan sebutan Lele’s, sebuah restoran yang menghidangkan Calamari dan kepiting Moeche yang digoreng renyah, serta spaghetti pasta yang dihidangkan dengan kerang yang menggoda selera. Anda bisa menikmati semua ini sambil menyesap lezatnya kopi Venesia di teras dengan pemandangan kota dan turis yang ceria.

(Berbagai sumber)

SHARE