Modal Microsoft Kinect Hanya $56

0
51

.Kinect, sebuah perangkat game tanpa controller milik Microsoft memang laku keras sejak diluncurkan pertama kalinya belum sebulan ini. Bahkan para gamer di Inggris sampai rela mengantri dari malam hingga pagi hari. Ternyata memang produk senilai $149.99 ini menjadi incaran banyak orang dan kita mungkin penasaran berapa keuntungan yang didapat oleh Microsoft?

Jika Anda pernah terbersit dengan pertanyaan tersebut, rupanya ada sebuah perusahaan yang kerjanya membongkar alat elektronik hingga per komponen dan merangkum harga bahan mentahnya. Perusahaan tersebut adalah UBM TechInsight. Mereka menulis setiap detil dari suatu produk yang dibongkar dan menjual informasinya kepada perusahaan lain guna kepentingan persaingan bisnis.

Teknisi UBM telah membongkar unit Microsoft Kinect dan menunjukkan bahwa seluruh perangkat pendukung alat tersebut hanya berharga sepertiga dari harga jual ritelnya. Menurut UBM, komponen kamera, chip dan mikropon yang digunakan Microsoft untuk Kinect hanya seharga $56. Jika memang benar, maka Microsoft memperoleh keuntungan bersih sebesar $93.99/ unit yang terjual.

Allan Yogasingam dari UBM menyatakan bahwa teknologi chip yang dipakai Kinect berasal dari Israel PrimeSense yang seharga $17.

Nampaknya mengkin saja Kinect mengantongi keuntungan lebih dari 50%, tapi apakah pernah terpikirkan oleh UBM, berapa biaya yang dihabiskan Microsoft untuk penelitian dan pemasaran produknya.Faktanya, Microsoft telah menghabiskan setengah milyar dolar untuk mendukng pemasaran Kinect.

(Berbagai sumber)

SHARE