Onrop Musikal yang Sungguh Memikat

0
152

.Onrop adalah drama musikal yang sungguh memikat. Saya bisa menuliskannya berulang-ulang bila anda mau. Namun sedikit saya akan menceritakan sinopsisnya. Onrop bercerita tentang Indonesia di tahun 2020, dimana Indonesia memiliki Undang-undang Onropgrafi yang sangat ketat. Setiap tindakan, kata, tulisan, baju dan gaya yang dianggap tak sesuai dengan undang-undang akan dibuang ke pulau Onrop. Di masa itu hidup sepasang kekasih yang sudah menjalin asmara selama 2 tahun. Bram dan Sari. Bram adalah penulis novel religi yang sangat taat terhadap segala peraturan, sementara Sari sedikit lebih berani dan bandel. Mereka berdua sebenarnya saling mencintai, hanya Bram bersikap terlalu kaku dan sering mengabaikan Sari. Sari yang sedih akan sikap Bram, kerap dihibur oleh asisten Bram bernama Amir yang kemayu.
Permasalahan dimulai saat Bram tersandung masalah hukum. Pada saat peluncuran novel terbarunya di satu gedung kesenian, Bram membacakan sedikit bagian dari novelnya. Rupanya tanpa sengaja Bram memasukkan kata-kata telanjang, yang mengutip dari lirik lagu Ebiet G. Ade,” Kita mesti telanjang dan benar-benar bersih”. Bram akhirnya dimasukkan dalam penjara dan diadili.

Dalam pengadilan tersebut, hakim, jaksa dan pembela semuanya setuju untuk membuang Bram ke Pulau Onrop. Pulau yang dikabarkan penuh dengan orang kanibal. Tak punya norma dan cara hidup yang benar. Semua yang dibuang kesana adalah pendosa. Dengan rasa takut, Bram menerima hukuman itu dan berpesan pada Sari, “Jangan sampai kamu melanggar hukum, sehingga kamu tak akan pernah dibuang ke pulau Onrop”. Takut-takut Bram menyusuri pinggir pulau Onrop, dia tak sadar ada beberapa orang yang mengintainya. Dalam sekejap mata, Bram ditangkap tiga orang yang berpakaian layaknya suku pedalaman. Bram dibawa ke hadapan pemimpin penghuni Onrop, yang ternyata adalah seorang pelukis. Bram terkejut kala sang pelukis memperkenalkanya kepada penghuni lain. Sutradara, Fotografer,  Penari, singkatnya seluruh penghuni Pulau Onrop yang rata-rata adalah seniman, ternyata bukan kanibal seperti yang selama ini ramai dibicarakan. Di Pulau Onrop, Bram belajar tentang menghargai perbedaan. Belajar tentang toleransi. Juga belajar tentang cinta. Bram terus memendam rasa rindu terhadap Sari yang masih berada di Indonesia. Atas restu semua penghuni Pulau Onrop, Bram pulang ke Indonesia untuk mengajak Sari pergi ke pulau Onrop.

Onrop adalah salah satu karya Joko Anwar menurut saya selalu berkualitas. Dalam drama musikal ini banyak kritik sosial yang dilontarkan Joko terhadap situasi dan kondisi bangsa Indonesia. Moral yang seolah dipaksakan dan harus seragam, seolah mereka yang berbeda adalah pendosa yang harus dibuang ke neraka. Apa yang coba diangkat oleh Joko sebenarnya adalah suara hati orang-orang yang merasa dinomorduakan, dipandang sebelah mata dan dipinggirkan. Sekelompok orang yang dominan dan berkuasa seolah merasa yang paling tahu apa itu moral dengan memberikan batasan terhadap jiwa seseorang. Joko mengangkat isu tentang perempuan, transeksual dan juga pornografi dalam satu drama musikal yang sama sekali tidak membosankan. Bila hendak menilik lagi segala yang terjadi di Indonesia belakangan ini, apa yang digambarkan Onrop Musikal bukannya tidak mungkin terjadi. Pada saat itulah jiwa jiwa yang seharusnya bebas akan mendapat kekangan dan juga aturan yang harus dijalani, demi satu keseragaman cara berpikir yang membosankan.

Selain ceritanya yang menarik dan lucu, banyak hal yang bisa dinikmati dari Onrop Musikal. Setting panggungnya indah dan tidak rumit, namun tetap bisa menggambarkan setiap situasi dengan baik. Properti yang ditampilkan tidak berlebihan, sederhana dan pas. Pergantian latar berjalan dengan sangat mulus dan natural. Musikalitas yang ditampilkan melalui suguhan orkestra juga memberikan sentuhan yang sangat indah. Nilai plus yang lain adalah, semua bintang di Onrop ini memang bisa menyanyi. Oh, dan jangan lupakan juga kostum para pemain Onrop yang sangat indah. Jelas Onrop dibangun secara matang, baik secara konsep, teknik maupun pelaksanaan.

Drama musikal Onrop hingga saat ini masih diburu tiketnya. Dalam berbagai pengumuman maupun dalam akun twiter pribadi Joko, banyak sekali permohonan maaf karena tiket sudah terjual habis. Ini merupakan bukti bahwa satu drama musikal juga bisa mendapat tempat di hati masyarakat. Kita memang butuh satu rekreasi hiburan yang berbeda dan kreatif. Harga yang tergolong bersaing akan sepadan manakala anda bisa menyaksikan sendiri drama musikal ini.  Drama musikal Onrop masih akan berlangsung hingga 21 November mendatang. Jangan sia-siakan kesempatan untuk menikmati salah satu karya seni luar biasa, yang berhasil membungkus segala perbedaan dalam satu cerita yang indah. “Ini cuma cinta, kamu takut apa?”.

(Ghiboo)

SHARE