Ponsel Zaman Batu Anti Teknologi

0
46

.Kondisi seperti apa yang inginkan ketika membeli ponsel baru? Layar sentuh? QWERTY? Kamera bermegapiksel tinggi? Dapat memutar mp3? Akses ke internet? Atau apa? Terserah bagaimana penilaian Anda, seseorang di Inggris membuat ponsel tandingan BlackBerry, Apple, dan merk ponsel lainnya. Ponsel itu disebut dengan Ponsel John.

Apa itu Ponsel John? Yaitu sebuah ponsel yang tidak dapat melakukan apapun yang dilakukan sebuah ponsel pada umumnya. Dengan ponsel lain, Anda dapat melakukan/ menerima panggilan, mengirim/ menerima SMS, browsing, memfoto dengan kamera, bermain game, dan mengakses internet. Berbeda dengan Ponsel John, dia hanya dapat melakukan panggilan keluar. Lho?

Ya, yang Anda baca benar. Sang pencipta memang hanya membuat sebuah ponsel yang dapat melakukan panggilan keluar. Ponsel ini mendapat julukan sebagai ponsel paling sederhana di dunia.

Harga yang ditawarkan bila Anda ingin membeli ponsel ini adalah 67 euro (sekitar Rp. 871 ribu). Cukup mahal ya untuk sebuah ponsel yang sangat terbelakang dan menyerupai sebuah ponsel mainan?

Pembuatnya di Belanda menargetkan ponsel tersebut bagi para gagap teknologi dan diperuntukkan bagi anak kecil sebagai ponsel pertama mereka. Buku manualnya hanya terdiri dari satu halaman saja. Berkat fiturnya yang hanya dapat digunakan untuk panggilan keluar, maka Anda tidak perlu repot-repot me-charge baterai. Hanya satu kali charge, baterainya tahan hingga tiga minggu.

Bahkan sistem penyimpanan buku teleponnya pun menggunakan pulpen dan kertas yang dimasukkan ke belakang badan ponsel. Pabrikannya sengaja membuat ponsel ini karena tidak ingin memasukkan fitur-fitur yang tidak penting seperti kamera, SMS dan nada dering yang banyak.

Menurut perancangnya, Diedriekje Bok, “Ketika ada banyak pilihan, kami ingin mengembangkan sebuah gadget yang sederhana. Ponsel ini juga sangat berguna selama berjalan-jalan, latihan dan berlayar. Saat itu, yang ada di kepala Anda hanyalah keluarga dan teman. Jadi apa pun ponselnya tidak masalah.”

Seperti yang dilansir MailOnline, seorang pembeli dari Preston, Ben Reed (24) merasa ponsel tersebut cukup keren, tapi dia tidak yakin apakah mampu menggantikan ponselnya yang sedang dia pakai dengan Ponsel John. Dia juga dapat mengerti bahwa ponsel tersebut baik untuk orang-orang tua dan anak-anak.

Berikut spesifikasi Ponsel John:
Berat: 95g
Ukuran: 105mm x 60mm x 15mm
Jaringan: Quad band
Nada dering: Satu, dengan pengaturan 3 volume
Baterai: 1200 mAh
Waktu siaga: 3 minggu lebih

(Berbagai sumber)

SHARE