10 Video Game Terlarang

0
77

.Banyak dari kita yang tahu keberadaan video game, tetapi hanya sedikit yang benar-benar seorang gamer. Umumnya orang bermain video game untuk menghibur diri dan mengisi waktu senggang. Namun banyak juga yang bermain game untuk mencari nafkah. Genrenya pun bermacam-macam, yang Ghiboo bahas kali ini adalah game yang mendapatkan protes keras dari suatu negara bahkan dilarang masuk.

10. Pokemon.
Mengapa Pokemon? Rupanya Pokemon dilarang di Arab Saudi karena dianggap mempromosikan perjudian dan terkait dengan zionisme Israel.

9. Carmageddon
Game ini dinilai menyimpang karena menampilkan gambar-gambar kekerasan berlebihan. Akibatnya pada tahun 1997, game ini dilarang edar di Brazil, Jerman dan Inggris.

8. Football Manager 2005
Adalah negara Cina yang melarang game bertema bola ini di tahun 2005. Pemerintah beranggapan game ini melanggar undang-undang Cina karena disinyalir mengganggu kedaulatan wilayah Cina. Game ini memasukkan TIbet dan Taiwan sebagai negara yang terpisah dari Cina.

7. Mortal Kombat
Sejak kemunculannya pertama kali tahun 1992, game ini memang termasuk sadis karena menampilkan gambar darah yang sangat berlebihan. Dampaknya adalah diberlakukannya sistem sensor di setiap game yang beredar. Brazil dan Jerman adalah kedua negara yang melarang peredaran Mortal Kombat.

6. Left 4 Dead 2
Game ini dilarang di Australia dan Jerman karena tidak memberikan label sensor untuk 18 tahun. Gambar yang ditampilkan dalam game ini sangat berlebihan, karena ada adegan zombie, pemotongan anggota tubuh, luka yang terrinci dan tumpukan mayat.

5. Bully (Canis Canem)
Game ini dilarang di Brazil, Inggris dan Aemrika Serikat karena dkhawatirkan mengajak anak-anak membuat keonaran di sekolah dan dianggap dapat merusak moral generasi muda.

4. Grand Theft Auto: San Andreas
Game ini juga dilarang karena selalu menjadi kontroversi. Anda diajari bagaimana merampok, melakukan kekerasan dan narkoba. Meskipun cukup canggih karena menggunakan sudut pandang Google Maps. Game ini dilarang di Australia dan AS dan selalu menjadi kontroversi.

3. Call of Duty
Dianggap melencengkan sejarah, CoD dilarang Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Rusia dan Kuba karena menampilkan peperangan dengan suatu negara.

2. Postal
Game ber-genre first person shooter ini mengajak pemain menembaki sejumlah pekerja dan warga sipil yang dikisahkan mengamuk di sebuah wilayah berlatar belakang Irlandia. Ceritanya warga sipil tersebut sendang memroduksi obat-obatan terlarang untuk keperluan terorisme. Australia, Selandia Baru, Swedia dan sembilan negara lainnya melarang game ini.

1. ManHunt.
Game ini juga dilarang karena banyak adegan kekerasan didalamnya. Bahkan pernah ada seorang siswa berusia 14 tahun di Leicester, Inggris, yang menemui ajalnya karena ditikam dan dipukul. Orang tua korban merasa yakin, si pembunuh mendapatkan ilham gara-gara main game ini. Namun tuduhan tersebut tidak terbukti dan tetap saja dilarang di tujuh negara termasuk Jerman, Inggris dan Irlandia.

(Berbagai sumber)

SHARE