Kim Clijsters Untuk Hari Anak Sedunia

0
28

.Dalam acara Hari anak sedunia (20/11/2010), SOS Children mengadakan dua kali konvensi berjudul “Menghancurkan Lingkaran Kemiskinan dan Memperkuat Keluarga dan Komunitas” di Parlemen Eropa 18 dan 19 November 2010.”

Petenis peringkat tiga dunia ini merupakan salah satu peserta konvensi tersebut. Kim Cliksters dan suaminya Brian Lynch menyerukan penentu kebijakan EU untuk melanjutkan kebijakan memperkuat keluarga dan memerangi kemisikinan anak.

Di Eropa sendiri, 20 juta anak hidup dengan risiko kemiskinan. Sedangkan dalam skala global sekitar 1,4 miliar orang hidup di bawah garis kemiskinan walaupun mereka bekerja. Kondisi krisis ekonomi seperti sekarang menyebabkan banyak keluarga dan anak-anak mereka sangat mudah untuk terjebak dalam lingkaran kemiskinan. Ketika ini terjadi, banyak orang tua tidak begitu peduli lagi dengan anak-anaknya karena kekurangan uang dan fasilitas pendukung lainnya. Hal ini sering kali membuat anak terpisah dari keluarganya dan ditempatkan di tempat perawatan alternatif (alternative care). Sekitar satu juta anak di Eropa tinggal di alternatif care, 25000 diantaranya di lembaga-lembaga. Dalam banyak kasus, kemiskinan adalah sebab utama keretakan keluarga.

Dalam acara itu Clijsters menyuarakan: “Anak-anak yang tidak tumbuh dalam keluarga, menghadapi risiko tinggi ketidakamanan emosional, pelecehan dan kekerasan. Ini adalah fakta nyata. Tidak hanya di negara dunia ketiga, tetapi juga di sini, di Eropa. Itu mengapa kalian di sini, di jantung lembaga Eropa, berdebat. Dan itu juga mengapa kami di sini, mendukung debat kalian. Seharusnya ini menjadi hak dasar bagi setiap anak untuk tumbuh dalam kehangatan keluarga.”

Konvensi ini juga merayakan satu tahun pertama UN General Assembly meresmikan “Guidelines for the Alternative Care of Children.” Panduan ini menetapkan peran penting pemerintah dalam mencegah pengabaian anak dan memperkuat keluarga, dan juga menuntut agar tidak ada anak yang dipisahkan dari orang tua karena kemiskinan.

Helmut Kutin, Presiden SOS Children’s Villages, menekankan pentingnya permasalahan ini: “Anak yang kuat dapat ditemukan di keluarga yang penuh kasih dan kuat, dan keluarga butuh dukungan kita, apalagi di saat krisis seperti ini. Kita tidak hanya ingin memberikan masa depan, anak-anak butuh masa kini yang baik. Masa depan dimulai hari ini. Di sini. Sekarang.”

(Berbagai sumber)

SHARE