Langit Biru di El Korba

0
28

.Ternyata Anda tidak harus larut dalam hiruk-pikuk di jantung kota Kairo yang modern untuk menyelami kehidupan dan nafas Mesir. Anda justru bisa menemukannya di El Korba, sebuah kota tua di daerah suburban Heliopolis.

Kota ini bisa dibilang didirikan oleh Baron Edouard Empain, seorang pengusaha kaya raya asal Belgia yang kebetulan juga seorang Egyptologist amatir. Melalui Cairo Electric Railways and Heliopolis Oases Company, di tahun 1906 Baron Empain membangun lintasan rel kereta api yang membelah kota Kairo dan kemudian dilanjutkan dengan proyek pembangunan Heliopolis, sebuah pemukiman dengan konsep a city of luxury and leisure. Dengan tata kota yang sangat matang dan fasilitas yang sangat menjanjikan (jalanan yang lebar, sistem drainase, lapangan golf, lintasan balapan, dan taman), Heliopolis yang hanya berjarak 10 Kilometer dari kota Kairo ini menjadi magnet yang luar biasa.

Sampai kini pun kota El Korba masih tetap mempesona. Masyarakatnya yang datang dari berbagai identitas serta latar belakang budaya dapat hidup rukun dalam kesahajaan bangunan berdesain Islam – Art Deco yang menghiasi kota ini.  Beberapa hal yang bisa Anda lakukan ketika berkunjung di El Korba antara lain:

1. Membeli souvenir di Design Centre Cairo yang menwarakan rangkaian perabot karya Isaak Azmy yang terkenal dengan desain simple dan “memanusiakan manusia”.

2. Mencicipi aneka kue dan jajanan serta ice cream dengan cita rasa a la Kairo di Mandarin Koueider. Anda harus mencoba kue bersiram sirup bernama Konafa yang sudah lama menjadi primadona pastry ini.

3. Santap malam dengan iringan denting suara piano di Petit Palmyra, restoran yang telah memenangkan penghargaan Egypt’s Top Restaurant Award sebanyak tiga kali berturut-turut.

4. Bawa pulang kenangan indah Anda tentang kota El Korba dengan sebuah kemeja atau celana buatan Khalil Ibrahim, the most celebrated tailor in town.

(Berbagai sumber)

SHARE