Radio Analog di Mobil? Kuno!

0
25

.Du du du duu… Memang enak bernyanyi sambil menyetir diiringi alunan lagu-lagu lawas dari radio. Baik itu radio FM analog maupun digital yang Anda gunakan. Sayangnya ada kabar buruk bagi pemilik radio mobil analog, karena menurut kabar yang beredar, radio mobil analog tidak dapat digunakan lagi pada tahun 2015.

Bila ini terjadi, maka jutaan mobil yang ada di seluruh dunia terpaksa mengganti radio mobilnya dengan versi digital. Paling tidak mereka harus merogoh kantongnya Rp. 1 juta-an untuk membeli sebuah radio FM digital bagi mobilnya. Coba Anda bayangkan berapa milyar dana yang harus dikeluarkan secara akumulatif.

Ancaman ini rupanya juga akan dialami oleh sistem navigasi satelit yang menggunakan sinyal analog untuk memperoleh update kondisi lalu lintas. Menurut para ahli mobil, konsumen disarankan untuk membeli mobil yang sudah dilengkapi dengan radio digital untuk menghindari fenomena tersebut.

Meskipun model radio FM analog sudah kuno, tapi faktanya mobil semewah Jaguar pun masih menggunakannya sebagai perangkat standar.

Pabrikan mobil di seluruh dunia akan menggunakan radio digital FM di setiap perakitan mobil mulai tahun 2013, dimana 3/4 nya akan memiliki perangkat tersebut dalam 12 bulan ke depan.

Menurut the Society of Motor Manufacturers dan Traders, sebanyak 20-25 juta mobil dari 31 juta akan membutuhkan upgrade radio digital. Biaya yang dibutuhkan selain mengganti radio tersebut adalah biaya adapter tambahan sekitar Rp. 500 ribu.

(Berbagai sumber)

SHARE