Menguyah Yang Benar Dapat Meningkatkan Kesehatan

0
30

.Di kehidupan modern seperti sekarang ini semua ingin serba cepat, maka tidak mengherankan jika banyak orang yang terburu-buru saat makan dan menguyah. Kebanyakan mereka mengira pencernaan makanan dimulai dari perut. Padahal proses pencernaan dimulai dari mulut.

Mengunyah makanan adalah proses yang vital dalam pencernaan karenanya sangat baik bagi kesehatan. Proses mengunyah berfungsi untuk memotong dan memecah makanan menjadi lebih kecil dan halus. Proses ini juga merangsang keluarnya saliva ratusan kali lipat dibanding ketika tidak mengunyah.

Air liur atau saliva berfungsi untuk melumasi makanan agar mudah melewati esofagus atau kerongkongan. Selain itu enzim yang terdapat dalam saliva membantu penyerapan makanan oleh usus. Tahap pertama dalam pencernaan lemak juga terjadi di mulut melalui pengeluaran enzim lingual lipase dari kelenjar yang terletak di bawah lidah.

Penguyahan yang tidak benar dapat mengakibatkan pencernaan tidak sempurna, memudahkan bakteri untuk berkembang biak, perut kembung dan ganggunan pencernaan lainnya.

Beberapa ahli menyarankan jumlah tertentu dalam mengunyah. Ada juga yang menyarankan berdasarkan hasil kunyah, maksudnya jika Anda masih merasakan makanan apa yang Anda makan melalui teksturnya (bukan rasanya) maka kunyahlah lagi sampai Anda benar-benar tidak merasakan teksturnya.

Manfaat menguyah dengan benar selain baik untuk pencernaan dan mampu meningkatkan kesehatan, hal ini juga dapat membuat kebiasaan makan Anda berubah menjadi lebih tenang sehingga Anda semakin dapat untuk menikmatinya. Makanan akan terasa lebih nikmat jika Anda fokus dan berkonsentrasi dalam memakannya. Dengan mengunyah, manfaat dari makanan akan terserap dengan sempurna, dan hidup akan penuh rasa.

(Berbagai sumber)

SHARE